Text
TESIS:Kontribusi Language Advisory Council (LAC) terhadap Penciptaan Lingkungan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tujutuju Kajuara Kabupaten Bone
Tesis ini membahas ‚Kontribusi Language Advisory Council terhadap
Penciptaan Lingkungan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju
Kajuara Kabupaten Bone.‛ Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
penciptaan lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju
Kajuara Kabupaten Bone, mendeskripsikan bentuk-bentuk kontribusi Language
Advisory Council terhadap Penciptaan Lingkungan Bahasa Arab di Pondok
Pesantren Darul Huffadh dan mengeksplanasikan faktor pendukung dan penghambat
yang dihadapi Language Advisory Council serta solusinya.
Penelitian berlokasi di Lembaga Bahasa Pondok Pesantren Darul Huffadh
yaitu Language Advisory Council, dengan teknik pengumpulan data riset lapangan,
meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan yuridis, linguistik, sosiologis dan pedagogis. Adapun
sumber data dipilih secara purposive. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan penciptaan lingkungan bahasa Arab di Pondok
Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju Kajuara Kabupaten Bone telah direalisasikan
oleh Lembaga Bahasa Language Advisory Council dalam pembelajaran bahasa Arab
di Pondok Pesantren Darul Huffadh. Dilihat dari tujuan penciptaan lingkungan
bahasa Arab agar peserta didik dapat menguasai bahasa Arab sehingga mereka
mampu menjadikan bahasa Arab sebagai alat komunikasi dan sekaligus mampu
memahami mata pelajaran yang umumnya berbahasa Arab serta memahami bukubuku Islam atau kitab-kitab bahasa Arab lainnya disamping al-Quran dan Hadis.
Language Advisory Council telah berkontribusi terhadap Penciptaan Lingkungan
Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Huffadh dengan membentuk bagian-bagian
bahasa baik yang ada di pengurusan Organisasi Santri Darul Huffadh (OSDHA)
begitupula bagian bahasa yang ada di Asrama-asrama santri melalui programprogram yang telah diimplementasikan berupa kegiatan-kegiatan kebahasaan di
lingkungan pesantren. Faktor-faktor pendukung penciptaan lingkungan bahasa Arab
di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju Kajuara Kabupaten Bone adalah
apresiasi Pimpinan Pondok Pesantren Darul Huffadh terhadap penciptaan
lingkungan bahasa Arab, partisipasi aktif dari santri dan dewan guru yang ada dixvii
PPDH, diterapkannya disiplin berbahasa di lingkungan pesantren dan mata pelajaran
yang pada umunya berbahasa Arab/kitab gundul adapun faktor-faktor penghambat
penciptaan lingkungan bahasa Arab adalah rendahnya pemahaman dan perhatian
santri untuk berbahasa Arab sehari-hari dan kebijakan disiplin bahasa di lingkungan
PPDH belum optimal serta kurangnya fasilitas dan media pembelajaran bahasa
Arab. Solusi Language Advisory Council terhadap penciptaan lingkungan bahasa
Arab di Pondok Pesantren Darul Huffadh adalah berusaha merealisasikan semua
program-program bahasa dengan baik dan berusaha memberikan pemahaman serta
kesadaran santri dan tenaga pengajar untuk berbahasa Arab di setiap aktivitas di
PPDH dengan menerapkan disiplin bahasa Arab yang baik dalam lingkungan PPDH
serta Menyediakan berbagai fasilitas dan media pembelajaran bahasa Arab yang
lengkap dan mumpuni dan berusaha mendatangkan native speaker sehingga santri
secara langsung mendengar bahasa yang dituturkan oleh penutur aslinya sehingga
santri lebih termotivasi untuk berbahasa Arab.
Implikasi dari penelitian ini yaitu hendaknya para pengajar bahasa Arab
memahami bahwa bahasan tentang penciptaan lingkungan bahasa Arab merupakan
bahasan penting yang harus dicermati para pelajar bahasa Arab baik di sekolahsekolah atau pesantren dan umumnya di lembaga pendidikan yang terdapat di
dalamnya pembelajaran bahasa Arab. Seharusnya di dalam peningkatan
keterampilan berbahasa Arab peserta didik faktor lingkungan bahasa Arab
merupakan faktor yang sangat penting yang harus ada di dalamnya.
Tidak tersedia versi lain