Text
TESIS:Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik MTs Madani Pao-pao
Tesis ini membahas tentang efektivitas penerapan metode quantum teaching
terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik MTs Madani Pao-pao.
masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah hasil belajar Bahasa Arab peserta
didik MTs Madani Pao-pao tanpa menggunakan quantum teaching? (2) Bagaimana hasil
belajar Bahasa Arab peserta didik MTs Madani Pao-pao dengan menggunakan quantum
teaching? (3) Apakah metode tersebut efektif terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa
Arab peserta didik MTs Madani Pao-pao?.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk quasi
eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini
adalah peserta didik MTs Madani Pao-pao Kelas IXa sebagai kelas eksperimen
berjumlah 32 orang dan Kelas IXb sebagai kelas kontrol sebanyak 31 orang.
Instrument pengumpulan data menggunakan butir tes, catatan observasi dan acuan
dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik
yaitu uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar Bahasa Arab
peserta didik MTs Madani Pao-pao tanpa penerapan metode quantum teaching
memperoleh peningkatan sebesar 1,63 (2,31%) dari nilai rata-rata 70,41 menjadi
72,04. (2) Hasil belajar Bahasa Arab dengan penerapan metode quantum teaching
memperoleh peningkatan 8,97 (12, 47%) yakni rata-rata 71,96 menjadi 80,93. (3)
Berdasarkan target standar nilai minimum pelajaran Bahasa Arab yaitu 75 dan
peserta didik yang mencapai nilai tersebut setelah pembelajaran menggunakan
metode quantum teaching sebanyak 22 orang dari 30 peserta didik, maka
penggunaan metode pembelajaran quantum teaching efektif terhadap peningkatan
hasil belajar peserta didik MTs Madani Pao-pao. Selain itu, setelah dilakukan uji
statiktik (uji-t) skor thitung > t tabel (2,96 > 1,673)
Tidak tersedia versi lain