Text
TESIS:Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wajo Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo.
Tesis ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran
bahasa Arab pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wajo Kecamatan Belawa
Kabupaten Wajo. Permasalahan pokok yang akan dikaji adalah bagaimana
kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bahasa Arab serta bagaimana
kemampuan guru dalam melaksanakan, merencanakan dan mengevaluasi
pembelajaran bahasa Arab di Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Wajo Belawa.
Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru
dalam proses pembelajaran bahasa Arab serta mengetahui kemampuan guru dalam
merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wajo Belawa, yang diawali dengan mengetahui
kompetensi pedagogik guru bahasa Arab sebagai agen pembelajaran dalam
mengelola peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
beberapa pendekatan secara holistik yaitu pendekatan kualitatif dan paedagogis.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Inti penelitian ini adalah kedua guru bahasa Arab di MAN Wajo
Belawa. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik pembahasan yang sistematis
secara induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru bahasa
Arab di MAN Wajo cukup memadai, karena guru memiliki kualifikasi akademik dan
sertifikat pendidik dan terlihat adanya kemampuan guru dalam mengelolav
pembelajaran yang meliputi : pemahaman terhadap perbedaan individual peserta
didik, merancang program pembelajaran, melaksanakan pembelajaran berdasarkan
perencanaan yang telah disusun, melaksanakan penilaian hasil belajar, serta
mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik. Akan tetapi dari segi
penerapannya di kelas masih perlu ditingkatkan, dari penerapan kompetensi tersebut,
dan proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Wajo Belawa dikatakan efektif dan efisien karena guru mampu melalui
tahap-tahap pembelajaran yaitu: pertama, kemampuan merencanakan pembelajaran.
Kedua, kemampuan melaksanakan proses pembelajaran. Ketiga, kemampuan
mengevaluasi.
Implikasi penelitian ini adalah Guru bahasa Arab hendaknya mengaplikasikan
secara bertanggung jawab kompetensi pedagogik yang disyaratkan padanya dalam
pembelajaran, sehingga setiap solusi yang dipilih pada sebuah penanganan terhadap
kelemahan pembelajaran, akan membawa peserta didik secara nyata keluar masalah
itu, kesulitan belajar merupakan kelemahan dalam sebuah pembelajaran. Olehnya
itu, guru harus mengoptimalkan upaya untuk menghilangkan kelemahan tersebut
secara arif dan bijaksana serta upaya-upaya perbaikan dari segi didaktik dan
metodiknya dibuktikan dengan hasil belajar yang dicapai oleh mereka maksimal. Di
samping itu, guru hendaknya melengkapi kompetensi pedagogiknya dengan
kompetensi profesional. Karena sebagus apapun cara mengajar kalau tidak didukung
keahlian pada bidang materi, pembelajaran menjadi gersang.
Hal yang mendasar yang perlu diperhatikan adalah pengadaan laboratorium
bahasa dalam rangka meningkatkan kecakapan berbahasa, sebab keberhasilan
pembelajaran bahasa asing (bahasa Arab) sangat ditunjang oleh media laboratorium
bahasa sebagai wadah untuk latihan mendengar melalui conversation dan native
speaker. Untuk pengadaan laboratorium dimaksud, diharapkan kepada pihak sekolah
mengadakan koordinasi dengan pihak terkait khususnya koordinasi dengan
Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.
Tidak tersedia versi lain