Text
TESIS:PENERAPAN MEDIA INSTRUKSIONAL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MTS YAPIT TARETTA KEC. AMALI KAB.BONE
Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar
bahasa Arab di MTs Yapit Taretta dengan penggunaan media instruksional
pembelajaran bahasa Arab. Pokok masalah tersebut selanjutnya dijabarkan
dalam beberapa sub masalah yaitu: 1) Bagaimana gambaran pembelajaran
bahasa Arab di MTs Yapit Taretta Kec. Amali Kab. Bone? 2) Bagaimana hasil
belajar bahasa Arab peserta didik di MTs Yapit Taretta sebelum penerpan
media instruksional pembelajaran bahasa Arab?, 3) Bagaimana hasil belajar
bahasa Arab peserta didik di MTs Yapit Taretta setalah penerapan media
instruksional pembelajaran bahasa Arab? 4) Apakah penerapan media
instruksional pembelajaran memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil
belajar bahasa Arab peserta didik di MTs Yapit Taretta? Penelitian ini
betujuan untuk menemukan pengaruh dari hasil eksperimen tentang
penggunaan media instruksional pembelajaran bahasa Arab di MTs Yapit
Taretta.
Untuk mendapatkan informasi tentang hal tesebut, maka peneliti
menggunakan pendekatan pedagogis dan fsikologis dengan desain penelitian
bersifat Nonequivalent Control Group Design, dimana terdapat dua kelompok
yang dipilih untuk diberi perlakuan (kelas VIII/A dan kelas VIII/B). Dalam
pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi, angket dan tes.
Terdapat dua macam analisis data yang dipakai dalam penelitian ini, yaitu
statistik deskriptif dan statistik inferensial. Terakhir, kelompok yang diberixvii
perlakuan diberi postes untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari media
instruksional pembelajaran bahasa terhadap pembelajaran bahasa Arab.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata kelompok
eksperimen adalah 21,8 dan kelompok kontrol adalah 13,36 sehingga nilai
kelompok eksperimen lebih tinggi dari nilai kelompok kontrol. Harga t hitung
= 10,402, t tabel 0,01 = 2,75 dan t tabel 0,05 = 2,04. Dengan demikian t
hitung lebih tinggi darpada t tabel, yang membuktikan bahwa pembelajaran
bahasa Arab dengan menggunakan media instruksional pembelajaran bahasa
Arab memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di
MTs Yapit Taretta.
Implikasi dari penelitian ini adalah 1) Media instruksional
pembelajaran ini perlu dikembangkan dan diterapkan karena dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik, 2) Dalam penerapannya, seorang
guru bahasa Arab hendaknya menyedian waktu luang yang cukup, demi
tercapainya hasil belajar yang maksimal, 3) Untuk keberhasilan menggunakan
media instruksional pembelajaran bahasa Arab, maka seorang guru hendaknya
dapat memakai teknik-teknik mengajar sesuai dengan situasi dan kondisi
peserta didik, sehingga pembelajaran lancar dan terkendali.
Tidak tersedia versi lain