Text
TESIS:Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi terhadap Penguasaan mufradât siswa di Madrasah Aliyah Al-Nur Patangnga di Kabupaten Bone
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan metode
bernyanyi terhadap penguasaan mufradât siswa di Madrasah Aliyah Al-Nur
Patangnga di kabupaten Bone, dan menjelaskan penguasaan mufradât siswa yang
menggunakan metode bernyanyi dan yang tidak menggunakan metode bernyanyi
dalam pembelajaran bahasa Arab.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan membagi 2 kelompok
kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random,
kemudian diberi pre-test untuk mengetahui kondisi awal apa ada perbedaan antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian mencari pengaruh perlakuan melalui
post-test terhadap kedua kelompok tersebut.
Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif. Dalam hal ini peneliti
mengumpulkan data kemudian menyederhanakan seluruh data yang terkumpul,
menyajikannya dalam suatu susunan yang sistematis, kemudian dengan bantuan
aplikasi program software SPSS ver. 24 for windows dalam mengolah data. Analisis
data menggunakan analisis statistik deskriptif. Keseluruhan data yang terkumpul,
selanjutnya dianalisis, Penelitian ini diterapkan pada sampel dari siswa Madrasah
Aliyah Al-Nur Patangnga di Kabupaten Bone sebanyak 40 orang. Pengumpulan data
menggunakan instrument penelitian berupa: (1) observasi (2) tes (3) dokumentasi
(4) validitas dan reliabilitas instrumen, dan data sekunder yang dianggap perlu
dalam penelitian ini.
Hasil penelitian setelah dilakukan uji coba, dan melakukan post-test
diperoleh hasil perhitungan Uji-t Paired sample test untuk kelas eksperimen (XA)
dengan nilai t-hitung 4,729 > 2,093. jadi H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan penguasaan
mufra>dat siswa di Madrasah Aliyah Al-Nur Patangnga di Kabupaten Bone.
Implikasi Penelitian berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan beberapa
saran kepada guru agar dalam memberikan pelajaran bahasa Arab khususnya materi
penguasaan mufradât bagi siswa dapat menggunakan metode bernyanyi dalam proses
pembelajaran agar siswa dapat aktif, semangat dan tidak merasa bosan dengan proses
pembelajaran. Kepada lembaga, diharapkan agar dalam proses pembelajaran di kelas,
hendaknya memadukan berbagai variasi metode pembelajaran dengan menggunakan
metode yang lebih aktif agar pembelajaran dapat meningkat. Kepada para siswa
setelah proses pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi, diharapkan
agar lebih aktif dan semangat dalam proses pembelajaran khususnya pelajaran
bahasa Arab. Kepada para ilmuwan/peneliti lainnya, agar penelitian ini dapat
dikembangkan dan ditindak lanjuti agar perkembangan bahasa Arab di sekolah
dengan menggunakan metode bernyanyi dalam proses pembelajaran dapat lebih
efektif.
Tidak tersedia versi lain