Text
TESIS:Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik di SMA YPPP Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA YPPP Wonomulyo?
Pokok masalah tersebut selanjutnya di-breakdown ke dalam beberapa submasalah
atau pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Bagaimana gambaran minat belajar peserta didik
terhadap pendidikan agama Islam di SMA YPPP Wonomulyo? 2) Bagaimana upaya
guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di
SMA YPPP Wonomulyo? 3) Faktor-faktor apa yang menjadi kendala serta solusinya
dalam peningkatan minat belajar peserta didik di SMA YPPP Wonomulyo?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran minat belajar
peserta didik SMA YPPP Wonomulyo, Upaya guru pendidikan agama Islam dalam
peningkatkan minat belajar Peserta didik, serta kendala dan solusi bagi guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik SMA YPPP
Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar.
Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan pedagogis. Adapun sumber data penelitian ini adalah
kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, serta peserta didik SMA YPPP
Wonomulyo. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi. Kemudian teknik pengolahan dan analisis data dilakukan
dengan melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran minat belajar peserta didik
SMA YPPP Wonomulyo terhadap bidang studi pendidikan agama Islam sangat baik,
hal tersebuit terukur dari tingginya frekuensi kehadiran peserta didik dalam
mengikuti pelajaran, adanya keaktifan peserta didik dalam proses pebelajaran yang
ditunjukkan melalui upaya peserta didik dalam menyimak pelajaran, bertanya kepada
guru ketika terdapat hal dalam materi yang belum jelas, aktif dalam kegiatan diskusi
kelompok, serta tingginya prestasi belajar. Upaya guru pendidikan agama Islam
dalam meningkatkan minat belajar peserta didik adalah menumbuhkan kesiapan
peserta didik dalam belajar, dekat dengan peserta didik, memotivasi peserta didik,
mengelola kelas, serta menguasai materi ajar. Sedangkan kendala yang dihadapi guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik adalah 1)
Terdapatnya peserta didik yang memiliki kesulitan membaca al-Qur’a>n, 2)
Kurangnya sarana dan prasarana belajar di antaranya kurangnya buku penunjang dan
tidak adanya pasilitas ibadah maupun labortorium pendidikan agama Islam, 3)xvi
Kurangnya pelatihan khusus bagi guru pendidikan agama Islam. Untuk mengatasi
kendala tersebut, guru pendidikan agama Islam beserta stakeholders SMA YPPP
Wonomulyo melakukan beberapa solusi yakni: 1) Mengaktifkan kegiatan
ekstrakurikuler PAI dan Pembinaan moral melalui keteladanan, 2) Melengkapai saran
dan prasarana belajar, dan 3) Peningkatan profesionalisme guru pendidikan agama
Islam.
Terdapat beberapa Implikasi dari hasil penelitian ini yang diharapkan dapat
menjadi sumbangsi pemikiran terhadap upaya peningkatan minat belajar peserta didik
di SMA YPPP Wonomulyo: 1) Pola peningkatan minat belajar peserta didik pada
bidang studi pendidikan agama Islam hendaknya terus dikembangkan mengingat
tantangan untuk pendidikan spritual peserta didik kedepan akan semakin berat lagi
kompleks. 2) Guru pendidikan agama Islam SMA YPPP Wonomulyo, dituntut untuk
terus berupaya mengembangkan profesionalisme keguruan sehingga usaha dalam
meningkatkan minat belajar peserta didik terus dapat dipelihara dan dikembangkan.
3) Kurangnya sarana dan prasarana belajar, alokasi waktu yang sedikat, peserta didik
memiliki kesulitan membaca al-Qur’a>n, serta kurangnya pelatihan khusus bagi guru
pendidikan agama Islam merupakan sederet masalah dalam upaya peningkatan minat
belajar peserta didik yang perlu segera ditangani oleh Stakeholders SMA YPPP, serta
pihak-pihak terkait baik secara kelompok maupun individu yang menginginkan
terwujudnya pendidikan yang bermartabat di bumi Indonesia.
Tidak tersedia versi lain