Text
TESIS:Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Kab. Polewali Mandar
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan gambaran profesionalisme
guru di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Kab. Polewali Mandar
2) Mendeskripsikan gambaran prestasi belajar siswa di SMA Pondok Pesantren
Modern Al-Ikhlash Kab. Polewali Mandar 3) Mendeskripsikan Pengaruh
profesionalisme guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Pondok
Pesantren Modern Al-Ikhlash Kab. Polewali Mandar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metode Kuantitatif
melalui Observasi, wawancara dan kuesioner (angket). Untuk mengetahui gambaran
profesionalisme guru digunakan sampel jenuh atau penelitian populasi dan gambaran
prestasi belajar siswa diketahui dengan menggunakan gabungan dua teknik samplin
yaitu teknik Proportional samplin dan teknik random samplin yang diambil dari
suatu populasi. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif asosiatif yang
bertujuan untuk mengetahui atau menjelaskan pengaruh antara satu variabel dengan
variabel lain yang berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu
gejala/peristiwa. Sekaligus untuk mengetahui kadar pengaruh antara pasangan skor
variabel bebas (X) yaitu profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa (Y)
sebagai variabel terikat.
Hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata profesionalisme Guru SMA Pondok
Pesantren Modern Al-Ikhlash Kab. Polewali Mandar adalah 3, 12. Nilai ini di
masukkan dalam kategori tinggi, sesuai dengan implementasi skala likert yang
digunakan dalam teknik pengumpulan data. Sedang nilai prestasi belajar siswa yang
di peroleh dari nilai rapor semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2010/2011
terlihat nilai rata-rata siswa sebahagian besar berada pada kategori 77,78% dan
sisanya sebanyak 19,44% pada kategori rendah, sedangkan kategori baik hanyavii
terdapat 1 orang siswa atau 2,78%. Adapun rata-rata hitung (mean) dari prestasi
belajar siswa adalah 70,85. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa prestasi belajar
siswa SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Kab. Polewali Mandar berada pada
kategori sedang. Determinasi profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di
SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash adalah sebesar 21,90 % dengan peluang
peningkatan prestasi belajar sebesar 0,468 untuk setiap satu satuan peningkatan
profesionalisme guru.
Implikasi dari hasil penelitian adalah: 1) Perlu adanya peningkatan
profesionalisme guru meliputi aspek kualifikasi akademik, 2) Peningkatan
profesionalisme guru merupakan tanggungjawab bersama semua stakeholder
pendidikan, 3) Kepala sekolah dan instansi terkait hendaklah menyiapkan segala
fasilitas yang dibutuhkan oleh guru, 4) Perlu adanya pengawasan dari kepala sekolah
dan pengawas satuan pendidikan dari instansi terkait
Tidak tersedia versi lain