Text
TESIS:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Minat Peserta Didik MTs Pondok Pesantren Hubulo Kabupaten Bone Bolango,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat belajar peserta
didik MTs Pondok Pesantren Hubulo, peranan guru pendidikan agama Islam dalam
mengembangkan minat belajar peserta didik MTs Pondok Pesantren Hubulo, dan
kendala guru bidang studi agama dan solusi dalam menumbuhkan minat belajar
peserta didik MTs Pondok Pesantren Hubulo dan solusi pemecahannya.
Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan
para guru bidang studi agama yang terdiri dari guru akidah akhlak, fiqh, Al-Qur’an
hadis, SKI dan Bahasa Arab serta peserta didik di MTs Pondok Pesantren Hubulo.
Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data adalah analisis kualitatif, dengan cara merapikan data,
reduksi data, mengadakan kategorisasi, pengujian keabsahan data, dan mengadakan
simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran minat belajar peserta
didik MTs Pondok Pesantren Hubulo dapat ditunjukkan melalui perilaku peserta
didik yang tidak pernah absen dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, keaktifan
dalam. Minat belajar juga tampak pada peserta didik yang memiliki sikap positif
terhadap ketekunan belajar, kedisiplinan, bekerja sama, kepedulian dan tanggung
jawab. Peranan guru pendidikan agama Islam dalam mengaktualisasikan minat
belajar peserta didik adalah mengelola kelas, memberi penguatan. Kendala yang
dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar peserta
didik adalah kurangnya fasilitas pembelajaran, guru enggan untuk membina peserta
didik apalagi sudah menanamkan nilai-nilai agama. Adapun solusi yang dilakukan
untuk mengatasi kendala tersebut di atas adalah terdiri dari: guru pendidikan agama
Islam secara kreatif menyediakan berbagai fasilitas belajar dan menciptakan
pembelajaran berbasis nilai.
Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, beberapa Implikasi yang
memungkinkan dapat dilakukan oleh para pengelolah pendidikan dan guru di MTs
Pondok Pesantren Hubulo Kabupaten Bone Bolango diantaranya adalah: (1)
Meningkatakan kemapuan guru dan sarana penunjang kegiatan penunjang sehinga
minat belajar peserta didik pada bidang studi pendidikan agama Islam dapat
dikembangkan. (2) Meningkatkan komitmen kepala madrasah dan guru pendidikan
agama Islam dan guru umum serta tenaga kependidikan dalam menjalankan setiap
program madrasah dengan penuh kesadaran akan tanggungjawab bersama dalam
menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam, karena hal itu akan memberi dampak
tersendiri pada minat belajar peserta didik di madrasah ini.
Tidak tersedia versi lain