Text
TESIS:PENERAPAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAIS DI SMPN 5 PITUMPANUA KABUPATEN WAJO
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang Penerapan
Kompetensi Kepribadian Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran PAIS di SMPN 5 Pitumpanuan Kabupaten Wajo. Dalam penelitian ini
terdapat tiga permasalahan mendasar yakni bagaimana proses penerapan kompetensi
kepribadian guru di SMPN 5 Pitumpanua; bagaimana faktor pendukung dan
penghambat dari proses penerapan kepribadian guru; dan yang terakhir adalah
bagaimana urgensi kepribadian guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran PAIS di SMPN 5 Pitumpanua kabupaten Wajo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan normatif teologis, manajement,
pedagogis, psikologis dan sosiologis, dan penulis sendiri selaku instrument
penelitiannya. Penetapan sumber data dilakukan secara purposive, sumber data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder dengan menganalisis data dengan cara
reduksi, penyajian dan verifikasi. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis
dengan analisis induktif.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa proses penerapan kompetensi
kepribadian guru di SMPN 5 Pitumpanua berjalan dengan baik dengan ditandai
oleh semangat tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugas dan program
sekolah dan keharmonisan hubungan guru dan siswa. Adapun pendukung
pelaksanaan proses tersebut adalah hubungan psikologis keseluruhan komponen
sekolah dan banyaknya pelatihan keguruan yang telah diikuti oleh guru-guru.
Sementara itu faktor penghambat adalah nilai patronisasi guru yang terlalu
berlebihan dari efek sosial yang menjadikan guru sebagai perpanjangan tangan
Tuhan. Menyangkut pentingnya penerapan kompotensi kepribadian guru di
SMPN 5 Pitumpanua yang meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAIS adalah sesuatu yang mesti dikembangkan dan dipertahankan
prosesnya sehingga cerminan perilaku amaliah/keagamaan siswa, dan
pemahaman terhadap nilai-nilai agama di kehidupan sehari-hari makin
menyempurna.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan penerapan kompetensi
kepribadian guru yang beragam, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
Pada mata pelajaran PAIS di SMPN 5 Pitumpanua dan menjadi indikator
keberhasilan outcome pendidikan yang mencitrakan akhlak mulia.
Tidak tersedia versi lain