Text
TESIS:Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa MTs DDI Galesong Baru Makassar
Tesis ini membahas tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran
dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Lokasi penelitian ini adalah di Mts
DDI Galesong Baru Makassar yang terletak di Jl. Yos Sudarso Lr. 154 A No. 17
Makassar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini diarahkan kepada bagaimana
upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa
dengan menggunakan media pembelajaran visual dalam proses pembelajaran di
MTs DDI Galesong Baru Makassar.Tujuan penelitian adalah untuk
mengungkapkan secara objektif efektivitas penggunaan media pembelajaran
visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs DDI
Galesong Baru Makassar.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan instrumen angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel di
ambil dengan teknik total sampling untuk dijadikan obyek penelitian dengan
jumlah 50 responden, yaitu kelas VIII. Pengolahan data menggunakan analisis
induktif, yakni dengan menghitung hasil angket dengan perhitungan persentase
sederhana ( P = F/N x 100 ( persen )).
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengolahan data di lapangan.
Gambaran efektivitas penggunaan media pembejaran terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah pada
kategoripositif (jawaban a dan b) dengan variabel 1) efektivitas penyajian pesan
sebesar 66,61 persen, 2) efektivitas mengatasi keterbatasan waktu dan ruang
sebesar 63,96 persen, 3) efektivitas mengatasi siswa yang pasif sebesar 91,89
persen dan 4) efektivitas memperjelas makna bahan pembelajaran sebesar 94,34
persen. Pencapain hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ke
arah yang lebih baik dengan nilai rata-rata 82,60. Nilai hasil belajar mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini dapat dikategorikan "tinggi" dan bila
didasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu nilai "70" maka
semua siswa (responden) dinyatakan tuntas.
Implikasi penelitian ini dalam upaya mengefektifkan penggunaan media
pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs DDI Galesong Baru Makassar pada ketiga indikator
peningkatan profesionalisme guru yaitu perencanan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran serta evaluasi
pembelajaran
Tidak tersedia versi lain