Text
TESIS:Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongkang Kabupaten Soppeng dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara objektif
mengenai peranan kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongkang
Kabupaten Soppeng dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dikembangkan
lebih jauh untuk mengetahui gambaran kepemimpinan kepala madrasah,
mengetahui bentuk peranan kepemimpinan kepala Madrasah Tsanawiyah DDI
Pacongkang, serta menegtahui bentuk hambatan dan solusi yang dihadapi di
Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongkang dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan
menggunakan pendekatan manajerial, pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Adapun
sumber data yang dijadikan sebagai informan terdiri dari kepala madrasah, tenaga
pendidik, kepala tata usaha, dan pengurus komite madrasah. Sedangkan metode yang
digunakan dalam mengumpulkan data yakni observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh gambaran
bahwa pada dasarnya kepala madrasah telah menunjukkan kepemimpinannya
dengan segenap kompetensinya sehingga mampu membangun dan meningkatkan
mutu pendidikan yang didukung oleh berbagai faktor di antaranya adanya
kemampuannya sebagai pemimpin dalam memanajeriali pengelolaan pendidikan di
madrasah tersebut sehingga peranan kepala madrasah betul-betul dirasakan baik
sebagai administrator, manajer, laeader, maupun sebagai supervisor. Sekalipun tidak
dapat dipungkiri bahwa sebagai manusia biasa tentu ada saja kekurangan sehingga
hambatan-hambatan tidak dapat dielakkan, namun sebagai pemimpin yang
berkompeten ia mampu memberikan solusi terutama dalam meningkatkan mutu
pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongkang Kabupaten Soppeng.
Implikasi dari penelitian ini, diharapkan kiranya kepala Madrasah
Tsanawiyah DDI Pacongkang dapat menunjukkan kepemimpinannya sebagaimana
mestinya agar mampu memanajeriali pengelolaan pendidikan di lembaga tersebut,
serta menjalin kerjasama yang harmonis dengan segenap pihak yang terkait sehingga
dengan kepemimpinannya dapat meningkatkan mutu pendidikan di lembaganya.
Tidak tersedia versi lain