Text
TESIS:Implementasi Standar Kompetensi Lulusan Di Madrasah Aliyah As’adiyah No. 1 Atapange Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, efektivitas,
dan faktor yang menghambat dan mendukung implementasi Standar Kompotensi
Lulusan di Madrasah Aliyah As’adiyah No. 1 Atapange, dalam rangka
melakukan perbaikan dan penyempurnaan praktik pendidikan.
Untuk mewujudkan hal di atas, maka dilakukan pengumpulan data
melalui penggambaran lokasi penelitian, jenis penelitian yakni kualitatif, dengan
pendekatan; kependidikan, psikologis dan sosiologis, teknik pengumpulan data
ditempuh melalui observasi lapangan, wawancara, dan penelusuran pustaka. Data
tersebut, kemudian dianalisis secara deskriptif, melalui sajian data dengan uraian
secara verbal, display data untuk membantu proses penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Standar Kompotensi
Lulusan di Madrasah Aliyah As’adiyah No. 1 Atapange, belum efektif
mendongkrak atau mengangkat mutu pendidikan dan pembelajaran. Standar
Kompetensi Lulusan, belum optimal penerapan dan penguasaannya terhadap
siswa, sebagaimana ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.
Untuk mengatasi hal di atas diperlukan suatu upaya peningkatan kinerja
guru, baik melalui motivasi kepala madrasah, peningkatan sumber daya guru,
serta penciptaan sistem pembelajaran yang lebih optimal sehingga tercipta
kondisi pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.
Tidak tersedia versi lain