Text
TESIS:Peranan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 2 Sengkang
Tesis ini berjudul Peranan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam pada
RSBI SMA Negeri 2 Sengkang. Tesis ini bertujuan (1) mengkaji pelaksanaan
pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada Rintisan
Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Negeri 2 Sengkang, (2)
mendeskripsikan peranan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi
dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam pada Rintisan Sekolah
Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Negeri 2 Sengkang, dan (3) mengetahui
faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berbasis teknologi
informasi dan komunikasi dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama
Islam pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Negeri 2
Sengkang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Artinya, penelitian
ini mengkaji dan mendeskripsikan situasi sosial di lokasi penelitian,
khususnya tentang peranan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan
komunikasi dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam pada RSBI
SMA Negeri 2 Sengkang. Penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis,
psikologis, dan sosiologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penetapan
sumber data dilakukan secara purposive dan teknik analisis data menggunakan
analisis teori Miles dan Huberman, dengan proses pengolahan data melalui
tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
berbasis TIK telah dilaksanakan di RSBI SMA Negeri 2 Sengkang. Sebagian
besar dari pendidik menggunakan komputer dan LCD sebagai media
pembelajaran dan peserta didik juga dapat mengakses bahan pelajaran di
internet sebagai sumber pembelajaran tambahan. Peranan pembelajaran
teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan mutu Pendidikan
Agama Islam pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA
Negeri 2 Sengkang dapat dilihat dari kontribusi yang diberikan. Kontribusi
tersebut berupa: (1) meningkatkan kemampuan penguasaan alat-alat
teknologi, (2) memotivasi peserta didik untuk belajar, dan (3) meningkatnya
prestasi (nilai) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, baik ranah kognitif,xiv
xiv
afektif, maupun psikomotorik. Adapun faktor-faktor pendukungnya yaitu:
kurikulum KTSP yang disusun sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan
peserta didik dimana proses pembelajarannya berpusat pada peserta didik,
sarana dan prasarana di RSBI SMA Negeri 2 Sengkang sudah dilengakapi
komputer, LCD dan hospot. Faktor-faktor penghambatnya yaitu: pendidik,
dalam hal ini guru PAI tidak terlalalu menguasai komputer sehingga dalam
proses pembelajaran jarang menggunakannya. Peserta didik, masih ada belum
lancar mengaji dan sering membuka internet yang tidak ada kaitannya dengan
mata pelajaran. Tidak dilengkapi perpustakaan digital dan ruang multimedia
(belum digunakan) pada RSBI SMA Negeri 2 Sengkang, serta kurangnya
alokasi waktu sehingga materi PAI tidak terealisasikan dengan baik.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan berdampak positif
terhadap pengembangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan
komunikasi yang dilaksanakan di RSBI SMA Negeri 2 Sengkang terutama
pada peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam sehingga output RSBI SMA
Negeri 2 Sengkang lebih berkualitas
Tidak tersedia versi lain