Text
TESIS:Penerapan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bulupoddo Kabupaten Sinjai
Judul penelitian di atas menggambarkan bahwa jenis penelitian ini adalah kualitatif
yang bersifat deskriptif yang memfokuskan pembahasannya pada permasalahan 1) proses
penerapan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bulupoddo
Kabupaten Sinjai, 2) penghambat dan pendukung proses pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Negeri 1 Bulupoddo Kabupaten Sinjai, 3) hasil proses penerapan kompetensi
guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bulupoddo Kabupaten Sinjai.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni
peneliti hanya ingin mengkaji kompetensi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Negeri 1 Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Metode pengumpulan data di
lapangan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru bidang studi Pendidikan
Agama Islam di SMA Negeri 1 Bulupoddo Kabupaten Sinjai masih berada dalam kategori
cukup baik, dilihat secara akumulatif dari empat indikator kompetensi guru yakni
kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Namun secara parsial
kompetensi guru Pendidikan Agama Islam terutama kompetensi paedagogik dan
profesionalismenya masih rendah. Pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 1 Bulupoddo Kabupaten Sinjai menunjukkan kategori cukup baik, tetapi masih
terdapat kecenderungan pula bahwa pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam
masih belum optimal terutama kemampuan guru untuk mengorganiasi isi pembelajaran,
termasuk bagaimana guru memilih, menata, membuat sintesis dan rangkuman isi
pembelajaran. Upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan
Agama Islam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bulupoddo
Kabupaten Sinjai antara lain; meningkatkan optimalisasi peran kepala sekolah baik sebagai
pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, pencipta iklim kerja yang kondusif.
Implikasi penelitian, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam senantiasa
meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan
profesionalisme dengan jalur pemberian pendidikan, diklat maupun pelatihan-pelatihan.
Untuk meningkatkan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan guru
Pendidikan Agama Islam memperhatikan dan mengembangkan metode pembelajaran
diantaranya menetapkan tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran, apa yang harus
dipelajari untuk mencapai tujuan, sumber belajar apa yang tersedia, dan bagaimana
karakteristik siswa yang belajar. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah saat
ini diharapkan agar lebih ditingkatkan dan dioptimalkan secara berkelanjutan dalam
berkesinambungan dalam implementasinya
Tidak tersedia versi lain