Text
TESIS:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Ajangale Kab. Bone
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran obyektif mengenai
implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Ajangale Kab. Bone. Dikembangkan
dalam tiga permasalahan pokok, yakni: proses implementasi KTSP pada mata
pelajaran PAI; faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi KTSP,
dan hasil implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata
pelajaran PAI.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan teologis-normatif, pedagogis dan
psikologis, informan terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, 3 guru PAI
dan peserta didik. Untuk memperoleh data digunakan metode observasi, wawancara,
studi dokumentasi. Analisis data dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, implementasi KTSP pada mata
pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Ajangale dari segi kesiapan guru sebagai pelaksana
kurikulum belum maksimal dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut karena
ada beberapa hambatan, baik dari segi kemampuan guru mengembangkan kurikulum
maupun dalam merencanakan pembelajaran serta lemahnya kemampuan guru dalam
melakukan penilaian secara mandiri atau berkelanjutan. Adapun pelaksanaan
pembelajaran KTSP sudah cukup baik, walaupun masih banyak kekurangan terutama
cara guru mengaktifkan peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran
dan pemberdayaan sumber belajar.
Implikasi dari penelitian diharapkan peningkatan guru-guru PAI dalam
pengimplementasian KTSP pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di
SMP Negeri 5 Ajangale Kab. Bone sehingga peserta didik dapat meningkatkan tiga
ranah aspek pendidikan kognitif, afektif dan psikomotorik.
Tidak tersedia versi lain