Text
TESIS:Penerapan Metode Pembelajaran dan Peranannya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bidang Studi Akidah Akhlak Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah GUPPI (Gabungan Usaha Pembaruan Pendidikan Islam) Talagae Kabupaten Soppeng
Rumusan masalah yang diangkat dalam tesis ini adalah: bagaimana penerapan
metode pembelajaran bidang studi akidah akhlak, bagaimana peranan metode
pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak peserta didik, dan
bagaimana faktor pendukung, faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar
akidah akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah GUPPI Talagae Kabupaten
Soppeng dan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran
penerapan metode pembelajaran, peranan metode pembelajaran dalam meningkatkan
motivasi belajar, serta faktor-faktor pendukung, penghambat, serta diungkapkan
solusinya sebagai jalan terbaik untuk menanggulangi hambatan-hamabatan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (liberary research) yang bersifat
penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan pedagogis, sosiologis, dan
psikologis. Untuk memperoleh data melalui informasi Kepala Madrasah, pendidik,
peserta didik, dan pemuka masyarakat. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti
melaksanakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Selanjutnya data dikelola
dengan cara mengumpulkan, mereduksi, dan menyajikan, serta menganalisis data yang
telah dikumpulkan kemudian mengambil suatu kesimpulkan.
Dalam penelitian ini ditemukan adanya penerapan metode pembelajaran bidang
studi akidah akhlak masih sangat terbatas yaitu; metode diskusi, tanya jawab, metode
hukuman, dan metode pemberian tugas. Metode pembelajaran mempunyai peranan
yaitu sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran bila memakai
metode yang tepat dan bervariasi dapat meningkatkan motivasi belajar. Dalam
menerapkan metode pembelajaran yang tepat diberikan kesempatan kepada pendidik
meningkatkan ilmunya baik melalui pendidikan formal maupun melalui nonformal
seperti melalui pelatihan-pelatihan, begitu pula dilengkapi sarana dan prasarana
pendidikan.
Sebagai implikasi tesis ini, yaitu diharapkan kepada pendidik lebih menguasai
beberapa metode pembelajaran, agar peserta didik termotivasi mengikuti proses
pembelajaran bidang studi akidah akhlak, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
secara efektif
Tidak tersedia versi lain