Text
TESIS:Implementasi Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Proses Pembelajaran Bidang Studi Umum pada SMA Negeri 1 Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai
Tesis ini membahas tentang implementasi integrasi nilai-nilai Islam dalam proses
pembelajaran bidang studi umum pada SMA Negeri 1 Tellulimpoe. Masalah
pokok penelitian: Penginteragsian nilai-nilai Islam yang dilakukan guru bidang
studi umum pada SMA Negeri 1 Tellulimpoe. Model integrasi nilai-nilai Islam
dalam proses pembelajaran bidang studi umum di SMA Negeri 1 Tellulimpoe,
dan dampak pengintegrasian nilai-nilai Islam terhadap peserta didik SMA Negeri
1 Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru
bidang studi umum pada SMA Negeri 1 Tellulimpoe, untuk mengetahui model
integrasi nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran bidang studi umum di SMA
Negeri 1 Tellulimpoe, dan untuk mengetahui dampak pengintegrasian nilai-nilai
Islam terhadap peserta didik SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kab. Sinjai.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif kuantitatif. Metode
pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi untuk
mendapatkan data yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Obyek yang
menjadi populasi penelitian ini adalah guru bidang studi umum SMA Negeri 1
Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai.
Hasil penelitian ini pertama: guru bidang studi umum telah melaksanakan
pembelajaran integrasi nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran di SMA
Negeri 1 Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Kedua: model pembelajaran
integrasi nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran bidang studi umum yaitu:
model pembacaan ayat al-Qur’an yang relevan dengan materi pelajaran, model
pemaduan materi antar bidang studi, model keteladanan berperilaku yang sesuai
dengan ajaran agama, dan model penanaman atau internalisasi nilai ajaran agama.
Ketiga dampak pengintegrasian nilai-nilai Islam pada bidang studi umum
terhadap peserta didik yaitu peningkatan pengetahuan dan kesadaran beragama
siswa, pembentukan prilaku siswa dan akhlak yang terpuji.
Implikasi penelitian yaitu pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam proses
pembelajaran bidang studi umum mutlak dilaksanakan, tidak hanya dalam bentuk
yang sederhana, tetapi harus bersifat ideal. Model pembelajaran integratif ini
dapat dikembangkan untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan
pengintegrasian ini peserta didik memiliki pengetahuan agama dan ahlak terpuji.xi
Oleh karena itu, masih perlu penelitian yang lebih mendalam lagi demi
menemukan bentuk yang ideal
Tidak tersedia versi lain