Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Penerapan Manajemen Madrasah dalam Peningkatan Prestasi
Belajar Siswa di Mts Al-Azhar Mannanti Kecamatan Tellulimpoe
Kabupaten Sinjai
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Penerapan Manajemen Madrasah dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Mts Al-Azhar Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai

Akhmad Syurkati - Nama Orang;

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah penerapan manajemen
madrasah dalam peningkatan prestasi belajar siswa di Mts Al-Azhar Mannanti
Kecamatan Tellulimpoe Kabuapten Sinjai. Adapun sub masalah adalah: (1)
penerapan manajemen berbasis madrasah dalam peningkatan prestasi belajar
siswa; (2) faktor penghambat dan pendukung penerapan manajemen berbasis
madrasah dalam peningkatan prestasi belajar siswa; (3) strategi dalam upaya
mengatasi kendala yang dihadapi Mts Al-Azhar Mannanti; dan (4) hasil
penerapan manajemen berbasis madrasah dalam peningkatan prestasi belajar
siswa.
Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan jenis penelitian
kualitatif, pendekatan penelitian adalah pendekatan pendekatan religius,
pendekatan pedagogik, pendekatan yuridis, pendekatan fenomenologis,
pendekatan sosiologis, dan pendekatan manajemen. Sumber data ada dua jenis
yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian diolah melaui reduksi data,
penyajian data, verifikasi data, dan menarik suatu kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah (1) penerapan
manajemen madrasah dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada Mts AlAzhar Mannanti, yaitu penerapan manajemen kurikulum dan program
pengajaran, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen
keuangan dan pembiayaan, manajemen sarana dan prasarana madrasah,
manajemen hubungan madrasah dan masyaraka serta manajemen layanan khusus,
(2) faktor-faktor penghambat dalam mengelolah sekolah adalah kemampuan
profesionalisme pengelola, kedisiplinan, keterampilan personil masih kurang,
disamping itu terbatasnya sarana dan prasarana, partisipasi masyarakat belum
maksimal dan kurangnya dana dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan, baik
secara fisik maupun non fisik. Sedangkan faktor pendukung yaitu adanya
kesadaran dan kemauan para guru dan pegawai untuk mengembangkan diri,
kerukunan dan persatuan yang erat antara sekolah dan masyarakat di sekitar
sekolah, rasa religius yang tinggi para guru sebagai motivasi spiritual dalam
melaksnakan tugasnya, dan lokasi sekolah jauh dari pengaruh lingkungan, (3)
upaya mengatasi kendala yang dihadapi Mts Al-Azhar Mannanti, antara lain
xviiiadalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengikut sertaan
tenaga kependidikan dalam berbagai seminar dan pelatihan sesuai dengan
bidangnya, mengaktifkan pembinaan personil melalui kegiatan MGMP serta
menjalin kerjasama dengan masyarakat sebagi mitra dalam pengembangan
sekolah, (4) hasil penerapan manajemen madrasah dalam peningkatan prestasi
belajar siswa terdapat dua target yaitu tercapainya target kurikulum dan
meningkatnya kemampuan siswa.
Adapun implikasi penelitian, (1) pihak pengelola sekolah perlu
melakukan usaha yang dapat membantu ke arah pengembangan dan kemajuan
sekolah melalui transformasi akademis dengan secara kelembagaan melaui
organisasi komite sekolah sehingga pemahaman masyarakat akan pentingnya
pembangunan sekolah agama; (2) pihak sekolah harus mengikuti perkembangan
pendidikan dan membuka diri dan lebih mengedapankan kemandirian pengelolaan
sekolah, agar pengembangan tugas dan tanggung jawab guru menjadi suatu
kebutuhan dan terus memberikan pendidikan dan latihan atau bentuk lainnya
dalam rangka pengembangan profesionalisme personil; (3) memberikan peluang
kepada stakeholders untuk lebih meningkatkan tugas dan fungsinya dalam
peranannya di sekolah,baik secara tekhnis maupun seacara konseptual sehingga
dapat mewujudkan demokrasi di bidang pendidikan; (4) hendaknya pihak sekolah
benar-benar mempergunakan setiap peluang yang ada dalam setiap kegiatan di
sekolah, baik ditingkat kabupaten maupun ditingkat propinsi dengan melihat
kebutuhan guru dan sekolah untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, begitu juga
jalinan kerjasama sekolah dengan masyarakat agar senantiasa terjaga.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
801002208244
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?