Text
TESIS:Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo,
Permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana gambaran penggunaan
media pada pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN Hepuhulawa?
Bagaimana langkah-langkah guru menggunakan media pada pembelajaran
pendidikan agama Islam di MIN Hepuhulawa? Bagaimana efaktivitas media
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajardi MIN
Hepuhulawa Kec. Limboto Kabupaten Gorontalo? Bagaima faktor-faktor
penghambat penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN
Hepulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo?
Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah dan
para guru mata pelajaran pendidikan agama Islam yang terdiri dari guru akidah
akhlak, fiqih, al-Qur‟an hadis, SKI dan bahasa Arab di MIN Hepuhulawa.
Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, dengan cara
merapikan data, reduksi data, mengadakan kategorisasi, pengujian keabsahan
data, dan mengadakan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pada
pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN Hepuhulawa seperti gambar, piaspias huruf-kalimat dengan memperhatikan aspek karakteristik mata pelajaran,
tujuan dan karakteristik peserta didik. Langkah-langkah guru menggunakan media
dalam meningkatkan hasil belajar PAI di MIN Hepuhulawa adalah disesuaikan
dengan karakteristik media yang digunakan dan dimulai dari perencanaan,
pelaksanaan, dan tindak lanjut. Efektivitas media pada pembelajaran PAI cukup
efektif yang ditujukkan oleh nilai yang siqnifikan dari penggunaan media
pembelajaran. Hambatan penggu-naan media pembelajaran dalam meningkatkan
hasil belajar PAI di MIN Hepuhulawa adalah terdiri dari: kurangnya kemampuan
guru menggunakan media elektronik, guru banyak berceramah, minimnya
pengetahuan tentang ragam media, dan keterbatasan waktu. Solusi hambatan
penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar di MIN
Hepuhulawa adalah bekerjasama dengan dengan instansi terkait untuk
mengadakan pelatihan bagi guru terkait dengan penggunaan media pembelajaran.
Implikasi penelitian pembelajaran PAI di MIN Hepuhulawa dapat
meningkat efektivitasnya dengan menggunakan media yang sesuai dengan
karakteristik peserta didik, materi dan tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain