Text
TESIS:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kontribusinya Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo
Penelitian ini berkenaan studi tentang pelaksanaan KTSP (Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan), khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam. Permasalahannya; bagaimana implementasi dan kontribusi
pembelajaran KTSP dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1
Sengkang? Masalah ini dibahas secara deskreptif kualitatif, dengan pendekatan
pedagogis dan psikologis, tujuannya untuk mengetahui implementasi dan
peranan guru terhadap pelaksanaan KTSP di SMA Negeri 1 Sengkang.
Untuk mengkaji hal tersebut dilakukan dengan metode penelitian
kualitatif, dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara,
dokumentasi, dan data diolah secara analisis berdasarkan sajian data, display
data, dan verifikasi data untuk mendapatkan data yang relevan. Seperti
diketahui KTSP menuntut keterlibatan guru secara aktif dan profesional. KTSP
bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran dengan inisiatif
guru, mengembangkan kurikulum. Melalui KTSP guru dituntut lebih mandiri,
merumuskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Pendidikan Agama
Islam sebagai salah satu mata pelajaran wajib dtempuh oleh siswa, ditandai
dengan penyediaan perangkat pembelajaran dan implementasinya di dalam
kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sengkang dilihat dari aspek,
pemahaman guru terhadap karakteristik siswa, karakteristik mata pelajaran dan
penerapan metode pembelajaran, penyediaan perangkat pembelajaran repatif
memadai. Namun guru belum sepenuhnya menjadikan Silabus dan RPP
sebagai rujukan dan pedoman dalam menyampaikan pembelajaran.
Untuk itu diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam SMA
Negeri 1 Sengkang agar lebih mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran,
dengan menjadikan silabus dan RPP sebagai pedoman tertulis dalam kegiatan
pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain