Text
TESIS:Program Learning Assistance Program For Islamic School (LAPIS) 2009-2010 dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Madrasah Tsnawiyah (MTs) Darud Dakwah wal-Irsyad (DDI) Baru-Baru Tanga Kabupaten Pangkep
Tesis ini mengkaji tentang peningkatan kompetensi guru melalui program
Learning Assistance Program for Islamic School (LAPIS) di Madrasah Tsanawiyah
(MTs) Darud Dakwah wal-Irsyad (DDI) Baru-Baru Tanga Kabupaten Pangkep.
Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah program-program Learning
Assistance Program for Islamic School (LAPIS) yang dilaksanakan di Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Darud Dakwah wal-Irsyad (DDI) Baru-Baru Tanga, upaya
peningkatan kompetensi guru melalui program LAPIS dan dampak program LAPIS
terhadap peningkatan kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darud
Dakwah wal-Irsyad (DDI) Baru-Baru Tanga Kabupaten Pangkep.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan
melakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi,
dokumentasi dan wawancara. Untuk mengkaji permasalahan dalam tesis ini,
digunakan pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis.
Sumber data diperoleh dari guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darud Dakwah
wal-Irsyad (DDI) Baru-Baru Tanga, wakil kepala madrasah, kepala tata usaha,
peserta didik serta dokumentasi madrasah. Data yang dikumpulkan kemudian
diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu
ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru
tergambar dengan adanya kemampuan guru dalam membuat perangkat
pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif dan kemampuan
guru memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Adapun program
Learning Assistance Program for Islamic School (LAPIS) yang dilaksanakan di
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darud Dakwah wal-Irsyad (DDI) Baru-Baru Tangaxvi
secara garis meliputi pelatihan/workshop, pendampingan teknis dan bantuan block
grant. Dampak program Learning Assistance Program for Islamic School (LAPIS)
terhadap peningkatan kompetensi guru sangat baik, yakni dengan adanya program
LAPIS, guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darud Dakwah wal-Irsyad (DDI)
Baru-Baru Tanga sangat terbantu, terutama dalam pembuatan perangkat
pembelajaran dan penguasaan model-model pembelajaran. Program LAPIS dapat
meningkatkan motivasi guru untuk membaca buku. Dengan peningkatan kompetensi
yang dimiliki guru berimplikasi pada semangat peserta didik dalam mengikuti
program pembelajaran. Program LAPIS membantu madrasah dalam menghadapi
akreditasi madrasah.
Implikasi dari penelitian ini bahwa program Learning Assistance Program
for Islamic School (LAPIS) perlu dikembangkan dan dilakukan secara
berkesinambungan. Misalnya membentuk kelompok MGMP (musyawarah guru mata
pelajaran) atau rumpun mata pelajaran di madrasah, sehingga pengetahuan guru
terus berkembang. Program Learning Assistance Program for Islamic School
(LAPIS) sangat membantu madrasah dalam mengembangkan dan mewujudkan citacitanya yang tertuang dalam visi dan misinya, sehingga madrasah tidak lagi
dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat yang menganggap bahwa
madrasah adalah kelas ke dua dibanding dengan sekolah umum. Maka madrasah
harus terus berbenah dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik pihak
swasta maupun pemerintah.
Tidak tersedia versi lain