Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah terhadap Peningkatan
Kompetensi Guru di MTs Negeri Biringkanaya Makassar
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di MTs Negeri Biringkanaya Makassar

Salmiati - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sampai saat ini mutu
pendidikan belum memuaskan. Salah satunya disebabkan pengelolaan madrasah
belum maksimal karena masih rendahnya kemampuan manajerial kepala madrasah
dan kompetensi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran
tentang kemampuan manajerial kepala madrasah di MTs Negeri Biringkanaya
Makassar, mendapatkan gambaran tentang kompetensi guru di MTs Negeri
Biringkanaya Makassar, dan untuk mengetahui pengaruh kemampuan manajerial
kepala madrasah terhadap peningkatan kompetensi guru.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
analisis deskriptif dan inferensial. Pada dasarnya penelitian ini ingin menguji
kebenaran dari suatu hipotesis melalui pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu
data yang langsung diterima di lapangan dan data sekunder yaitu data yang
diperoleh dari kepustakaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan
thitung dengan ttabel.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa kemampuan manajerial kepala
madrasah dapat diketahui dari 20 butir pernyataan kuesioner dengan 52 responden.
Hasil hitung jawaban kuesioner diketahui kemampuan manajerial kepala madrasah
berada pada kategori positif (sangat setuju dan setuju) memiliki frekuensi 856 atau
82,37 %, kategori sedang (ragu-ragu) frekuensinya 51 atau 4,90 %, dan untuk
kategori negatif (tidak setuju dan sangat tidak setuju) frekuensinya 132 atau 12,69
%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan manajerial
kepala madrasah berada pada kategori sangat baik. Kompetensi guru dapat diketahui
dari 20 butir pernyataan kuesioner ke 52 responden. Hasil hitung jawaban kuesioner
diketahui kompetensi guru berada pada kategori positif (sangat setuju dan setuju)
memiliki frekuensi 841 atau 80,7 %, kategori sedang (ragu-ragu) frekuensinya 85xxii
atau 8 %, dan untuk kategori negatif (tidak setuju dan sangat tidak setuju)
frekuensinya 113 atau 10 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa
kompetensi guru berada pada kategori sangat baik. Kontribusi kemampuan
manajerial kepala madrasah terhadap peningkatan kompetensi guru diketahui
melalui uji hipotesis. Hasil uji hipotesis dengan nilai regresi, yaitu thitung ttabel
(12,343 ≥ 2,000). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara
kemampuan manajerial kepala madrasah terhadap peningkatan kompetensi guru,
karena nilai thitung dari nilai ttabel. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan
koefisien determinasi diperoleh hasil perhitungan 75,6 %. Data ini memberikan arti
bahwa kemampuan manajerial kepala madrasah memberikan kontribusi sebesar 75,6
% bagi peningkatan kompetensi guru. Berdasarkan perhitungan tersebut hipotesis
dapat ditafsirkan Ho yang berbunyi kemampuan manajerial kepala madrasah tidak
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru
ditolak dan Ha yang berbunyi kemampuan manajerial kepala madrasah memberikan
pengaruh yang poisitif terhadap peningkatan kompetensi guru diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa implikasi kepada pihak
yang berkompeten dalam peningkatan kompetensi guru. Peran kepala madrasah
sebagai manajer memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi guru.
Oleh karena itu kepala madrasah perlu meningkatkan kompetensinya dalam bidang
manajerial sehingga mampu berkontribusi penuh dalam peningkatan kompetensi
guru. Kompetensi merupakan modal utama bagi guru dalam menjalankan tugasnya
sebagai pendidik profesional. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensinya dengan berbagai cara seperti mengikuti pelatihan atau dengan banyak
membaca. Pemerintah turut serta berperan dalam meningkatkan kompetensi guru
melalui kegiatan pelatihan, workshop, dan seminar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100210061
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?