Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Implementasi Profesionalisme Dosen Pendidikan Agama Islam
dalam Proses Pembelajaran di Universitas Andi Djemma Palopo
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Implementasi Profesionalisme Dosen Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran di Universitas Andi Djemma Palopo

Ratna Rahim - Nama Orang;

Profesionalisme dosen PAI di perguruan tinggi merupakan hal yang penting
dalam kemajuan kependidikan. Tujuan yang akan dicapai adalah: (1) untuk
mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di universitas Andi
Djemma Palopo. Tujuan profesionalisme dosen PAI dalam proses pembelajaran
dapat memberi pengaruh positif kepada mahasiswa dalam peningkatan pemahaman
dan pengetahuan ajaran Islam, (2) untuk mengoptimalakan profesionalisme dosen
PAI terhadap keagamamaan mahasiswa dalam proses belajar mengajar di UNANDA;
(3) untuk meningkatkan Profesionalisme dosen PAI dalam proses pembelajaran di di
UNANDA Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni penelitian yang akan
menjelaskan secara menyeluruh aspek-aspek yang diteliti dengan menggunakan tiga
Pendekatan, pertama pendekatan paedagogis adalah untuk mengetahui kemampuan
pendidik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, keduaPendekatan
Teologis normatif yang digunakan untuk memahami kerangka teologis sebagai
landasan profesionalisme dosen dalam meningkatkan mutu dan SDM pengajaran
Pendidikan Agama Islam di Universitas Andi Djemma.Ketiga, Pendekatan Yuridis
tentang Perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan harus dimiliki sebagai pedoman
penyelenggaraan, struktur organisasi dan peningkatan mutu pendidikan.Penelitian
ini adalah studi lapangan (field study), yang menggunakan teknik pengumpulan data
observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Ketiga metode tersebut kemudian
di interpretasikan berdasarkan fakta untuk mendapatkan hasil penelitian yang
berdasarkan pada realita dilapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran PAI di UNANDA
menggunakan metode ceramah dan seminar diskusi dengan bobot Kredit 3 SKS,
menggunakan panduan GBPP/SAP yang telah disepakati antara dosen PAI dengan
Fakultas. Mata Kuliah PAI merupakan MKDU/MPK (Mata Kuliah Dasar Umum/
Mata Kuliah Pengembangan Keperibadian).Tingkat profesionalisme dosen PAI di
UNANDA belum sepenuhnya memenuhi standar Kompetensi Guru dan Dosen didalamUndang-Undang nomor 14 tahun 2005. Dosen PAI di UNANDA berstatus LB
(luar biasa) artinya dosen PAI direkrut dari perguruan tinggi Islam seperti STAIN
sedangkan dosen Tetap di UNANDA belum ditetapkan. Proses pembelajaran PAI di
Universitas Andi Djemma Palopo diserahkan kepada dosen yang bersangkutan atau
yang dipekerjakan. Sedangkan upaya lembaga perguruan Tinggi UNANDA dalam
meningkatkan profesionalisme dosennya khususnya dosen PAI belum ada perhatian.
Implikasi dari perguruan tinggi dalam menghasilkan sumberdaya manusia
yang berkualitas serta lulusan perguruan tinggi yang berkualitas
dibidangnya.Perguruan tinggi Universitas Andi Djemma Palopo merupakan tumpuan
dan harapan masyarakat, karena lulusannya diharapkan mampu membawa
pencerahan yang mempengaruhi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan hidup
masyarakat palopo pada khusunya dan masyarakat Indonesia umumnya. UNANDA
untuk meningkatkan kualitas pendidikannya maka yang perlu diperhatikan;
pertama, segera membentuk dan menetapkan dosen MKDU/MPK khususnya dosen
PAI agar pembinaan mahasiswa lebih terarah; kedua, menyediakan sarana dan
prasarana ibadah; ketiga pembentukan administrasi MKDU/MPK sebagaimana
perguruan tinggi umum lainnya; keempat, menyediakan dan membentuk pelatihan
khusus dosen di UNANDA. Peningkatan profesionlisme dosen PAI merupakan
implikasi pada proses pembelajaran di kampus, yang mengutamakan pengaplikasian
nilai-nilai keimanan pada sikap dan perilaku mahasiswa di dalam kehidupannya.
Pembaharuan dari proses pembelajaran kognitif ke penanaman nilai-nilai ajaran
Islam bagi mahasiswa sangat berdampak positif terhadap pengembangan diri
mahasiswa dan lembaga UNANDA sebagai perguruan tinggi di Luwu.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100209224
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?