Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD
untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII A
pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MTs Negeri Sinjai Utara
Kab. Sinjai
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII A pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MTs Negeri Sinjai Utara Kab. Sinjai

Nurlaela - Nama Orang;

Tesis ini membahas penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type
STAD untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik Kelas VII A pada Mata
Pelajaran Bahasa Inggris di MTs Negeri Sinjai Utara Kab. Sinjai. Penelitian ini
bertujuan untuk: pertama mendeskripsikan implementasi model pembelajaran
kooperatif learning tipe STAD pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII MTs
Sinjai Utara Kabupaten Sinjai; kedua mengukur peningkatan prestasi belajar peserta
didik Kelas VII MTS Negeri Sinjai model pembelajaran kooperatif tipe STAD
(Student Team Achievement Division) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, lokasi penelitian MTs
Negeri Sinjai Utara. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak
35 peserta didik. Instrumen penelitian yaitu tes prestasi belajar dan lembar observasi.
Desain penelitian terdiri empat komponen, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Prosedur penelitian dilaksananakan dalam tiga siklus. Faktor yang
diselidiki yaitu pelaksanaan proses pembelajaran kooperatif learning dan peningkatan
prestasi belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik
deskriptif dengan menggunakan program SPSS. Indikator keberhasilan jika 85 %
peserta didik mencapai nilai KKM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1), Implementasi model pembelajaran
kooperatif learning tipe STAD pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII MTs
Sinjai Utara Kabupaten Sinjai yaitu analisis awal sampai akhir meliputi penyusunan
tes perencanaan awal pelaksanaan pembelajaran kooperatif. (2) Dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)
pada peserta didik kelas VII A MTsN Sinjai Utara prestasi belajar peserta didik
meningkat. Ini dibuktikan dengan meningkatnya skor rata-rata peserta didik pada tes
yaitu perolehan skor aktivitas peserta didik dalam PBM pada siklus I tergolong
rendah dengan perolehan skor sebesar 29 dari skor ideal 45. Perolehan skor aktivitas
peserta didik dalam PBM pada siklus II meningkat dari skor pada siklus I sebesar 29
menjadi 30 yang tergolong dalam criteria sedang, dan perolehan skor aktivitas peserta
didik dalam PBM pada siklus III meningkat dari skor perolehan pada siklus II sebesar
30 menjadi 35 dari skor ideal 45 yang tergolong pada criteria tinggi.
Implikasi penelitian: (1) Dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif
learning tipe STAD pada mata pelajaran bahasa inggris pada madrasaha umumnya
dan MTs Sinjai Utara Kabupaten Sinjai sebaiknya guru memperhatikan tingkat
kemampuan peserta didik dan melihat minat peserta didik dalam proses pembelajaran
khususnya dalam model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD. (2) Untuk
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris maka
guru bidang studi bahasa Inggris diharapkan menerapkan model pembelajaran secara
bervariasi. Diharapkan kepada pihak madrasah untuk untuk mendukung kreatifitas
guru dalam pembelajaran dengan memberi biaya dalam peningkatan kompetensi guru
dalam menerapkan berbagai macam model pembelajaran.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
8010020184
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?