Text
TESIS:Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII A pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MTs Negeri Sinjai Utara Kab. Sinjai
Tesis ini membahas penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type
STAD untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik Kelas VII A pada Mata
Pelajaran Bahasa Inggris di MTs Negeri Sinjai Utara Kab. Sinjai. Penelitian ini
bertujuan untuk: pertama mendeskripsikan implementasi model pembelajaran
kooperatif learning tipe STAD pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII MTs
Sinjai Utara Kabupaten Sinjai; kedua mengukur peningkatan prestasi belajar peserta
didik Kelas VII MTS Negeri Sinjai model pembelajaran kooperatif tipe STAD
(Student Team Achievement Division) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, lokasi penelitian MTs
Negeri Sinjai Utara. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak
35 peserta didik. Instrumen penelitian yaitu tes prestasi belajar dan lembar observasi.
Desain penelitian terdiri empat komponen, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Prosedur penelitian dilaksananakan dalam tiga siklus. Faktor yang
diselidiki yaitu pelaksanaan proses pembelajaran kooperatif learning dan peningkatan
prestasi belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik
deskriptif dengan menggunakan program SPSS. Indikator keberhasilan jika 85 %
peserta didik mencapai nilai KKM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1), Implementasi model pembelajaran
kooperatif learning tipe STAD pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII MTs
Sinjai Utara Kabupaten Sinjai yaitu analisis awal sampai akhir meliputi penyusunan
tes perencanaan awal pelaksanaan pembelajaran kooperatif. (2) Dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)
pada peserta didik kelas VII A MTsN Sinjai Utara prestasi belajar peserta didik
meningkat. Ini dibuktikan dengan meningkatnya skor rata-rata peserta didik pada tes
yaitu perolehan skor aktivitas peserta didik dalam PBM pada siklus I tergolong
rendah dengan perolehan skor sebesar 29 dari skor ideal 45. Perolehan skor aktivitas
peserta didik dalam PBM pada siklus II meningkat dari skor pada siklus I sebesar 29
menjadi 30 yang tergolong dalam criteria sedang, dan perolehan skor aktivitas peserta
didik dalam PBM pada siklus III meningkat dari skor perolehan pada siklus II sebesar
30 menjadi 35 dari skor ideal 45 yang tergolong pada criteria tinggi.
Implikasi penelitian: (1) Dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif
learning tipe STAD pada mata pelajaran bahasa inggris pada madrasaha umumnya
dan MTs Sinjai Utara Kabupaten Sinjai sebaiknya guru memperhatikan tingkat
kemampuan peserta didik dan melihat minat peserta didik dalam proses pembelajaran
khususnya dalam model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD. (2) Untuk
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris maka
guru bidang studi bahasa Inggris diharapkan menerapkan model pembelajaran secara
bervariasi. Diharapkan kepada pihak madrasah untuk untuk mendukung kreatifitas
guru dalam pembelajaran dengan memberi biaya dalam peningkatan kompetensi guru
dalam menerapkan berbagai macam model pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain