Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Penerapan Kode Etik Guru dan Peranannya dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di MTs
Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Penerapan Kode Etik Guru dan Peranannya dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai

Muhammad Amin - Nama Orang;

Tesis ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gambaran penerapan kode etik guru
pada MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai (2) menguraikan peranan kode etik guru
dalam meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri
Sinjai Kabupaten Sinjai (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri
Sinjai Kabupaten Sinjai.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan yaitu pendekatan teologis
normatif, pedagogis, dan psikologis penelitian. Metode pengumpulan data, melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer dan data
sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan
dokumentasi dan metode pengolahan dan analisis data yaitu mengelompokkan data,
mereduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1), Gambaran penerapan kode etik
guru pada MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai berdasarkan hasil penelitian telah
terlaksana dengan baik. Di sisi lain, masih terdapat guru yang belum menerapkan
sepenuhnya kode etik yang berkaitan dengan sehat jasmani dan sehat mental.
Karena masih ada di antara guru IPS yang temramental dalam proses pembelajaran,
sering marah dalam menghadapi peserta didik yang kurang memahami pelajaran.
(2) Peranan kode etik guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran IPS di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai disimpulkan bahwa kode
etik berperan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, karena guru IPS
mampu memberi motivasi pada peserta didik, guru IPS melaksanakan
pengembangan program pengayaan, dan guru IPS melaksanakan pengembangan
program remedial. (3)Faktor pendukung proses meningkatkan prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai yaitu
profesionalitas guru IPS dan adanya kegiatan musyawarah guru mata pelajaran
(MGMP). Sedangkan faktor penghambat proses meningkatkan prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai
meliputi faktor intern peserta didik yaitu peserta didik kurang berminat belajar IPS
dan faktor ekstern peserta didik kurangnnya motivasi yang diberikan orang tua pada
anaknya. Serta faktor guru itu sndiri yang terdapat guru yang sulit dibimbing karena
merasa lebih senior dan berpengalaman.
Implikasi penelitian dalam tesis ini (1) Guru diharapkan mampu menerapkan
kode etik guru dalam proses pendidikan, (2) Guru IPS di MTs Negeri Sinjai
diharapkan untuk mengembangkan kode etik guru yang sangat berperan dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik. (3) Guru IPS di MTs Negeri Sinjai
diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengatasi berbagai masalah
yang dihadapi peserta didik.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100210182
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?