Text
TESIS:Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 1 Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli
Tesis ini membahas problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada
SMA Negeri 1 Tolitoli Utara berkaitan dengan guru, metode, media pembelajaran
dan minat anak didik dalam belajar. Pokok permasalahan adalah bagaimana
problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada SMA Negeri 1 Tolitoli
Utara? Adapun sub masalah adalah bagaimana gambaran pembelajaran pendidikan
agama Islam pada SMA Negeri 1 Tolitoli Utara? Bagimana bentuk problematika
pembelajaran pendidikan agama Islam pada SMA Negeri 1 Tolitoli Utara? Bagaimana upaya solutif terhadap problematika pembelajaran pendidikan agama Islam
pada SMA Negeri 1 Tolitoli Utara?
Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 1 Tolitoli Utara yang terletak di desa
Laulalang kecamatan Tolitoli Utara, jenis penelitian adalah kualitatif naturalistik.
Untuk menjawab permasalahan tersebut di atas dilakukan pengumpulan data di
lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan
pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Data yang dikumpulkan di analisis
dan diverifikasi lalu menarik kesimpulan yang bersifat induktif.
Hasil penelitian menggambarkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan
agama Islam pada SMA Negeri 1 Tolitoli Utara kategori baik dalam hal, kualifikasi
pendidikan guru PAI S1 Keagamaan, dan dalam pelaksanaan pembelajaran terlebih
dahulu menyiapkan perangkat pembelajaran, namun dalam hal penerapan metode dan
pemanfaatan teknologi pendidikan masih perlu ditingkatkan. Problematika
pembelajaran Pendidikan agama Islam pada SMA Negeri 1 Tolitoli Utara meliputi
problema internal dan eksternal. Problema internal adalah kurangnya alokasi jam
pembelajaran PAI, faktor kemampuan guru dalam menyampaikan pembelajaran dan
memanfaatkan teknologi pendidikan, rendahnya minat dan motivasi belajar anak
didik terhadap mata pelajaran PAI karena sebahagian anak didik tidak tahu dan
kurang lancar mengaji, dan sebagian lagi menganggap mata Pelajaran PAI tidak
terlalu penting karena tidak di UN-kan. Problema eksternal adalah pengaruh
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi dan pengaruh
linkungan pergaulan. Upaya solusi yang dilakukan terhadap problematika
pembelajaran tersebut adalah guru PAI mengadakan perbaikan terhadap proses
pembelajaran, melengkapi alat bantu pembelajaran dan berusaha menguasai teknologi
pendidikan, mengadakan diskusi dengan komponen sekolah untuuk solusi problema
pembalajaran. Selanjutnya pembinaan mental melalui kegiatan keagamaan.
Sebagai implikasi penelitian, guru PAI SMA Negeri 1 Tolitoli Utara sangat
penting meningkatkan kualitas diri terutama keterampilan dalam penerapan dan
pemilihan metode pembelajaran serta peningkatan kemampuan dalam hal penguasaan
teknologi pendidikan.
Tidak tersedia versi lain