Text
TESIS:Problematika Dikotomi Kurikulum Mata Pelajaran Umum dan Mata Pelajaran Agama di MAN Palopo
Tesis ini mengkaji tentang Problematika Dikotomi Kurikulum Mata Pelajaran
Umum dan Mata Pelajaran Agama di MAN Palopo ini, bertujuan: (1) untuk
mendeskripsikan implikasi dikotomi kurikulum mata pelajaran umum dan mata
pelajaran agama di MAN Palopo. (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah dan
upaya mengintegrasikan mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama di MAN
Palopo.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan penelitan dengan
menggunakan pendekatan yaitu: pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis,
pendekatan sosiologis dan pendekatan filosofis. Penelitian ini tergolong field
research dengan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan melalui teknik
observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis
secara berkesinambungan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dikotomi penyelenggaraan
pendidikan di MAN Palopo tampak pada pemisahan antara kurikulum Mata Pelajaran
Umum dengan Mata Pelajaran Agama baik dalam bentuk pemisahan dari aspek
materi pelajaran maupun pemisahan dalam aspek nilai. Dikotomi tersebut
berimplikasi pada: a) Tujuan penyelenggaraan pendidikan di MAN Palopo; b)
Materi/isi pelajaran; c) Metode pembelajaran; d) Sistem evaluasi. 2) Upaya untuk
mengintegrasikan mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama di MAN Palopo
selaras dengan Visi MAN Palopo “Mewujudkan Peserta didik Yang Berimtaq dan
Beriptek Serta Mampu Mengaktualisasikan Diri Dengan Lingkungannya”.
Dari hasil penelitian, peneliti mengemukakan implikasi penelitian, yaitu:
Dikotomi mata pelajaran umum dan agama di MAN Palopo merupakan hal yang
mutlak. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah kendala dan hambatan untuk menyusun,
mengembangkan dan menyelenggarakan kurikulum. Untuk itu Pimpinan Madrasah
Aliyah Negeri Palopo, Wakamad MAN Palopo bidang kurikulum dan segenap
pendidik baik pendidik mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama untuk terus
menciptakan metode pembelajaran dan lingkungan belajar yang dapat
mengintegrasikan mata pelajaran umum dengan nilai-nilai ajaran agama Islam secara
utuh dan terpadu.
Tidak tersedia versi lain