Text
TESIS:PERANAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM OPTIMALISASI POTENSI LINGUISTIC INTELLIGENCE PESERTA DIDIK DI SMU PESANTREN TARBIYAH TAKALAR
Tesis ini membahas tentang peranan guru dalam proses pembelajaran di SMU
Pesantren Tarbiyah Takalar dan bagaimana gambaran linguistic intelligence di SMU
Pesantren Tarbiyah Takalar. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar
peranan guru bahasa inggris dalam optimalisasi potensi linguistic intelligence
peserta didik di SMU Pesantren Tarbiyah Takalar.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode
pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek
penelitiannya adalah guru dan siswa SMU Pesantren Tarbiyah Takalar dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan psikologis dan pendekatan paedagogis. Data yang terkumpul dianalisis
dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan metode regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengolahan nilai koefisien korelasi
untuk peranan guru bahasa inggris dalam optimalisasi potensi linguistic intelligence
peserta didik di SMU Pesantren Tarbiyah Takalar didapat rx1y = 0,87. Hasil
kontribusi dari peranan guru bahasa inggris dalam optimalisasi potensi linguistic
intelligence siswa 0,87x 100% = 87% yang dapat dikategorikan berkolerasi kuat.
Hasil uji regrasi menunjukan besarnya peranan guru bahasa inggris dalam
optimalisasi potensi linguistic intelligence peserta didik yang dihitung dengan
koefisien korelasi 0,87 Hal ini menunjukan peran yang kuat antara guru bahasa
inggris dalam optimalisasi potensi linguistic intelligence peserta didik di SMU
Pesantren Tarbiyah Takalar.
Implikasi dari penelitian ini adalah harapan kepada semua pihak yang terkait
di SMU Pest Tarbiyah agar semaksimal mungkin dapat mengarahkan dan
meningkatkan efektifitas pembelajaran dalam mengembangkan potensi linguistic
intelligence. Selain itu diharapkan kepada guru agar dapat membina, mengarahkan
serta memfasilitasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler bahasa dan
kegiatan lainnya pada umumnya.
Tidak tersedia versi lain