Text
TESIS:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kebiasaan Salat Berjamaah Siswa SMK Negeri 1 Kabupaten Bantaeng
Tujuan tesis ini adalah untuk mendapatkan data objektif di lapangan tentang
peranan guru pendidikan agama Islam dalam membina kebiasaan salat berjamaah
siswa SMK Negeri 1 kabupaten Bantaeng. Permasalahan yang penulis angkat dalam
penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMK Negeri
I Kabupaten Bantaeng, bagaimanakah salat berjamaah siswa SMK Negeri I
Kabupaten Bantaeng, dan bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam dalam
membina kebiasaan salat berjamaah siswa SMK Negeri I Kabupaten Bantaeng.
Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat
induktif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan
angket sebagai pendukung data yang ada.
Hasil analisis kualitatif memberikan gambaran bahwa pelaksanaan pendidikan
agama Islam di SMK Negeri I Kabupaten Bantaeng sudah berjalan dengan baik dan
sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan, salat berjamaah siswa kurang efiktif
karena masih jarang yang kemasjid untuk melaksanakan salat berjamaah, dan guru
pendidikan agama Islam kurang berperan dalam membina kebiasaan salat berjamaah
siswa SMK Negeri I Kabupaten Bantaeng.
Implikasi penelitiannya mencangkup: kepada seluruh guru kiranya dapat
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik terutama di SMK Negeri 1
Bantaeng agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan efektif, seringnya guru
memberi contoh yang baik kepada siswa, dan memberi hukuman bagi siswa yang
tidak melaksanakan salat berjamaah dimasjid.
Tidak tersedia versi lain