Text
TESIS:Peranan Pendekatan Pembelajaran Kelompok dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)mengetahui dan menggambarkan
eksistensi pendekatan pembelajaran kelompok di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat
Bora Kabupaten Sigi, 2)mengungkapkan secara mendalam gambaran kualitas
pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi, dan
3)menemukan bentuk kontribusi pendekatan pembelajaran kelompok di Madrasah
Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan tergolong jenis penelitian
kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan pedagogis, filosofis, dan
psikologis. Sumber data yaitu Kepala Madrasah, para guru dan staf tata usaha
Madrasah Tsanawiyah AlKhairaat Bora Kabuten Sigi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan check list. Metode pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan
analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data (display data) dan
verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan
triangulasi berupa triangulasi sumber serta triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)eksistensi pendekatan pembelajaran
kelompok di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi memungkinkan
peserta didik dapat meraih keberhasilan dalam belajar. Disamping itu juga bisa
melatih siswa untuk memiliki keterampilan, baik keterampilan berpikir maupun
keterampilan sosial, seperti keterampilan untuk mengemukakan pendapat, menerima
saran dan masukan dari orang lain, bekerjasama, rasa setia kawan dan mengurangi
timbulnya perilaku yang menyimpang dalam kehidupan kelas. 2)Peserta didik diberi
kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temannya untuk
mencapai tujuan pembelajaran, sementara guru bertindak sebagai motivator dan
fasilitator aktifitas peserta didik. Dengan demikian dalam model pendekatanxv
pembelajaran kelompok ini, kegiatan aktif dengan pengetahuan dibangun sendiri
oleh peserta didik dan mereka bertanggung jawab atas hasil pembelajarannya. 3)
Prestasi peserta didik mengalami peningkatan dalam kualitas pembelajaran
khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dibuktikan dengan
nilai rata-rata ujian nasional setiap mata pelajaran yang dicapai peserta didik seperti
nilai ujian bahasa Indonesia dengan nilai-rat-rata 6,87, nilai bahasa Inggris rata-rata
8,83, nilai matematika 7,18 dan nilai mata pelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata
8,62.
Implikasi dari penelitian ini adalah pihak sekolah dan seluruh komponen
hendaknya berusaha semaksimal mungkin menerapkan berbagai model pendekatan
pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik
khususnya di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi.
Tidak tersedia versi lain