Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Tugas Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan
Agama Islam pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Tanete Rilau
Kabupaten Barru
Penanda Bagikan

Text

Tugas Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru

H. Ahsan - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan tugas pengawas
Pendidikan Agama Islam dalam menjalankan tugasnya pada sekolah dasar di
Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, (2) untuk mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat pelaksanaan pengawasan pada sekolah dasar di
Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, (3) untuk mengetaui upaya mengatasi
faktor penghambat pelaksanaan pengawasan pada sekolah dasar di Kecamatan
Tanete Rilau Kabupaten Barru.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan teologis normatif, pedagogis dan psikologis. Sumber data yaitu data
primer yakni 3 orang pengawas 51 0rang guru Pendidikan Agama Islam, dan 37
orang kepala sekolah sementara data sekunder yakni dokumen pengawas dan
dokumen sekolah. Instrumen penelitian yaitu panduan observasi, pedoman
wawancara dan acuan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-lagkah reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan tugas pengawas
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama
Islam pada sekolah dasar di Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru melalui
supervisi akademik meliputi supervisi individu dan supervisi kelompok serta melalui
supervisi manajerial bergitu pula mengaktifkan KKG. (2) Faktor pendukung yaitu
faktor internal meliputi motivasi dan kebersamaan pengawas dalam melaksanakan
tugas, sikap sebagai pembina, pengalaman lapangan. Sedangkan faktor eksternal
meliputi ruangkerja/kantor, buku-buku dan referensi lain, sarana dan prasaran, dan
dana anggaran. Faktor penghambat masih sebagian sikap kepala sekolah dan guru
kurang respect dan curiga atas kedatangan pengawas, masih ada guru ditemukan
tidak mampu untuk disupervisi karena kemampuan professional yang dimiliki oleh
guru tersebut tidak memadai, artinya keseiapan administrais guru belum lengkap.
(3) Upaya mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pengawasan melalui
penerapan supervise partisipatif yang yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan
tenaga pendidikan lainnya, meningkatkan komuniaski yang harmonis kepada guru
dan kepala sekolah, dan meningktakan profersionalitas pengawas melalu pelatihan
dan pendidikan formal seperti melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebi tinggi
yaitu ke program pascasarjana (S2) dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan
profesionalitas pengawas, kepala sekolah dan para guru di sekolah dasar.
Implikasi penelitian yaitu (1) kepada para guru, kepala sekolah dan para
supervisor agar semakin bekerja keras dalam menjalankan tugasnya utamanya; (2)
Kepada para supervisor agar kiranya berbenah diri utamanya peningkatan keahlian
dan kemampuan dalam melaksanakan tugas; dan (3) Diharapkan melalui program
pemerintah, Departemen Agama dan Dinas Pendidikan agar memberi perhatian
yang lebih serius, terutama memenuhi kesejahteraan pengawas sekolah, peningkatan
mobilitas pengawas, guna membantu dalam pencapaian tujuan pendidikan di SD.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100208097
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?