Text
TESIS:Pentingnya Pendidikan Karakter sebagai Pengembangan Mental Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah (M Ts) Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten Bone
Tesis ini membahas tentang pentingnya pendidikan karakter sebagai
pengembangan mental peserta didik di M Ts Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten
Bone. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran mental peserta
didik di M Ts Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten Bone; bagaimana proses
pendidikan karakter sebagai pengembangan mental peserta didik di M Ts
Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten Bone; dan bagaimana bentuk-bentuk hasil
pelaksanaan pendidikan karakter sebagai pengembangan mental peserta didik di
MTs Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan
antardisipliner yang terdiri dari pendekatan teologis normatif, pedagogis, filosofis,
dan psikologis. Lokasi penelitian di M Ts Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten
Bone. Adapun sumber data dalam penelitian ini ada dua, sumber data primer yaitu
kepala sekolah, semua guru, peserta didik, komite sekolah, dan orang tua sedangkan
sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen yang terkait dengan objek yang akan
diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan menggunakan triangulasi untuk
memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti.
Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan karakter di M Ts Irsyadussalam
Cakkeware Kabupaten Bone sudah terlaksana. Ini terlihat dari gambaran mental
peserta didik di M Ts Irsyadussalam Cakkeware sudah baik, namun masih butuh
pengembangan. Proses pendidikan karakter sebagai pengembangan mental peserta
didik telah dilakukan beberapa tahapan mulai dari pengintegrasian nilai-nilai
karakter ke dalam kegiatan pembelajaran, pemahaman dan penghayatan terhadap
nilai-nilai karakter, dan adanya keterlibatan semua masyarakat sekolah dalam
pengembangan mental peserta didik. Selain itu bentuk-bentuk hasil pelaksanaan
pendidikan karakter sebagai pengembangan mental peserta didik dilakukan dengan
beberapa cara, yaitu dengan cara keteladanan dan pembiasaan melakukan kebaikan,
pembiasaan salat duhur berjamaah di sekolah, dan mengadakan tadarus al-Qur’an
yang menjadi rutinitas setiap malam di masjid Irsyadussalam, serta bacaan barzanji
setiap jumat di sekolah. Namun, belum bisa dikatakan berjalan dengan maskimal,
karena masih terdapat beberapa peserta didik yang menunjukkan tingkah laku yang
tidak mencerminkan sebagai pelajar, kurangnya tingkat kesadaran diri yang dimiliki,
kurangnya kepedulian terhadap lingkungan, kurang sopan terhadap guru dan temantemannya, masih suka berkeliaran pada saat jam pelajaran, kurang memperhatikan
kerapian, bahkan ada yang didapatkan merokok secara sembunyi-sembunyi. Di
sinilah pentingnya pendidikan karakter sebagai pengembangan mental peserta didik.
Sebagai implikasinya, M Ts Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten Bone
diharapkan lebih meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter sebagai
pengembangan mental peserta didik. Proses dan bentuk-bentuk hasil pelaksanaannya
lebih ditingkatkan agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter, generasi yang
memiliki mental yang baik sehingga terhindar dari perilaku-perilaku amoral.
Tidak tersedia versi lain