Text
TESIS:Urgensi Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri I Watampone.
Tesis ini membahas tentang Urgensi Profesionalisme Guru dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Watampone. Masalah yang diangkat dalam Tesis ini meliputi gambaran
Profesionalisme Guru MAN 1 Watampone, dan gambaran mutu pendidikan di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Watampone, bentuk konstribusi profesionalisme
guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Watampone. Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan dan menganalisis gambaran
profesionalisme guru pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Watampone dan
gambaran mutu pendidikan, serta bentuk kontribusi profesionalisme guru dalam
meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Watampone.
Penelitian yang dilakukan ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan
multidisipliner yaitu pendekatan normatif, yuridis, pedagogis, sosiologis, dan psikologis.
Adapun sumber data penelitian adalah primer dan sekunder, data pustaka yang diperoleh
baik dalam bentuk dokumentasi maupun dalam bentuk keterangan atau penjelasan dari informan
yang terkait dengan gambaran profesionalisme guru, serta gambaran mutu pendidikan dan
bentuk konstribusi profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan pada
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Watampone. Instrumen dalam penelitian kualitatif yaitu
penulis atau peneliti. Teknik Pengolahan dan Analisis Data. Dalam penelitian kualitatif,
analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data.
Hasil Penelitian menggambarkan bahwa profesional guru yang ada di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Watampone ditandai dengan guru sudah memiliki
keahlian (keterampilan) menguasai materi, memahami standar kompetensi,
memahami materi pelajaran yang diampu, menggunakan media, menguasai kelas,
dapat membuat silabi,dapat membuat RRP. Gambaran mutu pendidikan di Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) 1 Watampone yaitu: dengan adanya peserta didik dari tidak
tau menjadi tau, dengan adanya peserta didik pencapai prestasi yang dicapai, baik
prestasi akdemik maupun prestasi non akademik, yang dimaksudkan prestasi
akademik adalah prestasi dari nilai rapor mulai dari kelas 1 sampai pada ujian
nasional semakin meningkat. Sedangkan prestasi non akademik adalah adanya
prestasi yang dicapai dalam kegiatan lombah antar sekolah yang sederajat. Adapun
gambaran konstribusi profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Watampone yaitu; dengan adanya pelatiahanxix
bahasa Inggris dan bahasa Arab dan keterampilan lainnya seperti perbengkelan,
pelatihan drimbeng, tata boga, busana, menjahit sehingga siswa yang ikut pelatihan
baik bahasa maupun keterampilan lainnya mengalami peningkatan.
Tidak tersedia versi lain