Text
TESIS:Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MTs Maarif Bolaromang Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa.
Tesis ini membahas tentang kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru
pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs
Maarif Bolaromang Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Adapun yang
menjadi submasalah penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana kompetensi pedagogik
guru pendidikan agama Islam di MTs Maarif Bolaromang; Kedua, bagaimana
kepemimpinan guru pendidikan agama Islam di MTs Maarif Bolaromang; Ketiga,
bagaimana bentuk kesulitan belajar peserta didik di MTs Maarif Bolaromang;
Keempat, bagaimana upaya guru kompetensi pedagogik dan kepemimpinan guru
pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs
Maarif Bolaromang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (field research), yaitu
melakukan penelitian langsung di MTs Maarif Bolaromang untuk mendapatkan dan
mengumpulkan data serta menelaah literatur-literatur ilmiah yang berkaitan dengan
penelitian ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan keilmuan yaitu:
teologis, pedagogis, dan psikologis. Data yang digunakan, primer dan sekunder.
Metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dekumentasi. Instrumen
pengumpulan data yaitu pedoman penelitian, pedoman wawancara dan dekumentasi.
Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau
verifikasi data, dan pengujian keabsahan data
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kompetensi pedagogik dan
kepemimpinan guru pendidikan agama Islam di MTs Maarif Bolaromang dapat
mengatasi kesulitan belajar peserta didik, melalui kemampuan memahamixvii
karakteristik peserta didik, kemampuan membuat perancangan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran dan mengavaluasi pembelajaran, kemampuan
mengembangkan potensi peserta didik. Kemudian dari kepemimpinan pendidikan
Islam, guru selalu memotivasi peserta didik untuk terus belajar dalam menciptakan
pembelajaran yang kondusif. Dengan kepemimpinan guru pendidikan agama Islam di
MTs Maarif Bolaromang guru memanfaatkan dirinya sebagai pemimpin di dalam
kelas untuk mengelola pembelajaran yang efektif dan efesian. Sehingga kompetensi
pedagogik dan kepemimpinan guru pendidikan agama Islam yang dimiliki guru di
MTs Maarif Bolaromang sebagai usaha untuk mengatasi kesulitan belajar peserta
didik.
Implikasi penelitian ini diharapakan bagi guru pendidikan agama Islam agar
selalu memperhatikan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik dan
kepemimpinan guru, sebagai suatu usaha untuk mengatasi kesulitan belajar peserta
didik dan menciptakan pembelajaran efektif dan efisien sehingga tujuan pendidikan
dan pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diinginkan oleh guru dan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain