Text
TESIS:Peran Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Makassar
Karena pentingnya profesionalitas seorang guru maka diperlukan suatu
penelitian tentang profesionalitas guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam,
dan untuk itulah penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini betujuan untuk; a)
mengetahui profesionalitas guru PAI di PPPUM, b) mengetahui upaya guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar dan c) menemukan
dan merumuskan solusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP PPPUM.
Penelitian ini dilakukan di pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin
Aisyiyah yang bertempat di Jl. KH. Jabbar as-Syiri Kelurahan Pai Kecamatan
Biringkanaya Kota Makassar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan pedagogis dan naturalistik yang menunjukkan bahwa
pelaksanaan penelitian terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang
tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskripsi secara
alami. Adapun sumber data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder.
Pengambilan data atau penjaringan fenomena dilakukan dari keadaan yang
sewajarnya yang dikenal dengan sebutan ”pengambilan secara alami dan natural”.
Dengan sifatnya ini maka peneliti dituntut terlibat secara langsung di lapangan
dengan melihat bagaimana profesionalitas guru pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa. Selanjutnya, dalam menganalisis data terlebih
dahulu penulis mengumpulkan data di lapangan melalui observasi, wawancara,
dokumentasi dan triangulasi. Kemudian mencatat hasil temuan di lapangan dan
menganalisisnya dengan mencari pola, hubungan serta temuan umum lainnya. Dalam
hal ini peneliti berusaha memahami dan menggambarkan apa yang dipahami dan
digambarkan oleh subjek penelitian.
Berdasar pada temuan data di lapangan, bahwa profesionalitas guru PAI di
PPPUM digambarkan dalam kemampuan paedagogik; yaitu kemampuan guru
menyusun RPP, Silabus, Prota dan Promes, kemampuan improvisasi metode
pembelajaran dan kemampuan menilai hasil belajar siswa melalui penilaiaan berbasis
kelas. Kemampuan kepribadian; digambarkan dengan penanaman kedisiplinan (self
discipline) dan tanggungjawab dalam tugas. Kemampuan sosial; digambarkandengan hubungan komunikasi yang baik dengan kepala sekolah, teman sejawat,
orangtua siswa dan partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Sedangkan
kemampuan profesional; digambarkan dengan kemampuan menguasai bidang studi
dilihat dari latar belakang pendidikan guru yang memiliki kualifikasi akademik dan
guru mengajar sesuai dengan keahlian dan jurusan yang dimilikinya, kemampuan
memahami peserta didik, kemampuan menguasai pembelajaran yang mendidik
melalui kemampuan memahami jenis mata pelajaran, mengorganisasikan materi
pelajaran serta mendayagunakan sumber belajar. Selanjutnya, kemampuan
kepemimpinan guru digambarkan melaluiBerkenaan dengan faktor yang mendukung
profesionalitas guru pendidikan agama Islam di PPPUM adalah diberlakukannya
manajemen yang berbasiskan pada madrasah (MBM), terbentuknya tertib
administrasi yang rapi, dan diikutkannya guru PAI dalam berbagai pelatihan RPP,
silabus, pelatihan penelitian tindakan kelas dsb, sebagai upaya peningkatan
profesionalitas guru . Sedang hal yang menghambat profesionalitas guru di sekolah
ini adalah adanya sebagian guru yang hadir di sekolah hanya pada saat-saat jam
mengajar atau tidak ful time. Berkaitan dengan ihwal prestasi belajar siswa
disebutkan bahwa prestasi belajar siswa adalah baik. Faktor yang mendukung
prestasi belajar siswa di PPPUM adalah adanya kedisiplinan yang dipraktekkan oleh
semua elemen madrasah (guru, siswa, kepala sekolah, dan lainnya). Sedangkan hal
yang menghambat perkembangan prestasi belajar siswa adalah kurangnya dukungan
keluarga akan pendidikan siswa, kurang sadarnya siswa akan pentingnya belajar,
masih terbatasnya sarana dan prasarana madrasah, dan masih kurang maksimalnya
kinerja guru.
Hasil penelitian sebagaimana yang diuraikan di atas, maka implikasi dalam
penelitian yang dapat disampaikan oleh penulis adalah : (1) kepala sekolah
hendaknya memposisikan peranannya sebagai leader yang mempimpin dan
menentukan kebijakan ruang gerak seluruh proses yang terjadi di lembaga sekolah
dan sebagai supervisor pendidikan yang bertanggung jawab mengevaluasi program
dan hasil pendidikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas sekolah yang
baik hendaklah kepala sekolah juga meningkatkan potensi dan kualitas seluruh
elemen sekolah yaitu melalui peningkatan profesionalitas kinerja, (2) guru
pendidikan agama Islam hendaknya sadar akan peranannya yang mempunyai
tanggungjawab dan orientasi dunia akhirat, leh karena itu tertuntut untuk selalu
meningkatkan profesionalitas kinerjanya, (3) rekomendasi penelitian yang nantinya
perlu untuk dilakukan penelitian lanjutan adalah mengenai motivasi profesionalitas
guru pendidikan agama Islam
Tidak tersedia versi lain