Text
TESIS:Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Melaksanakan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone
Tesis ini membahas tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
dalam melaksanakan pembelajaran al-Qur’an di SMA Negeri 1 Lappariaja
Kabupaten Bone, lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Lappariaja
Kabupaten Bone. Masalah pokok pembahasannya adalah, (1) Bagaimana
gambaran pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di SMA Negeri 1 Lappariaja, (2)
Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran, (3) upaya solutif
mengatasi hambatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengkaji
proses pelaksanaan pembelajaraan al-Qur’an di SMA Negeri 1 Lappariaja
Kabupaten Bone, (2) untuk menggali faktor pendukung dan penghambat
pembelajaran al-Qur’an di SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone, dan (3)
untuk menemukan upaya solutif penyelesaian hambatan pembelajaran al-Qur’an
di SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan jenis penilitan deskriptif kualitatif, kunci pokok
hasil penelitian menggambarkan proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an
serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran al-Qur’an dan upaya guru
dalam mengatasi hambatan pembelajaran al-Qur’an di SMA Negeri 1 Lappariaja
Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis.
Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Instrumen
penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan
dokumentasi. Analisis data, reduksi data, verifikasi data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam melaksanakan
pembelajaran al-Qur’an pada dasarnya, adalah menggunakan kemampuan dasar
peserta didik dalam membaca al-Qur’an diimplementasikan ke dalam
pembelajaran al-Qur’an sehingga peserta didik dengan mudah berkonsentrasi
untuk membaca dan menulis al-Qur’an. Untuk usia peserta didik di SMA tidak
terlalu sulit diarahkan untuk membaca dan menulis al-Qur’an, karena mereka
sudah terbiasa menulis aksara Qur’an ditingkat SD dan SMP. Guru hanya
berperan mengontrol untuk memperbaiki kesalahan peserta didik pada saat
mereka membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an. Demikian seterusnya
sehingga kelancaran peserta didik untuk membaca dan menulis ayat al-Qur’an
dapat diwujudkan namun belum cukup memuaskan.
Penelitian tesis ini berimplikasi kepada guru dan peserta didik diharapkan
dapat menjalin komunikasi yang interaktif dalam proses pembelajaran, menjaga
dan mempertahankan sehingga dapat diakui sebagai salah satu alat dalam
pendidikan untuk meraih kesuksesan baik kepada guru maupun kepada peserta
didik. Penelitian ini dimaksudkan pula sebagai referensi kepada mereka yangx
hendak mengadakan penelitian di tempat yang sama ataupun di tempat yang lain
yang relevan dengan kajian tesis mereka.
Tidak tersedia versi lain