Text
TESIS:Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Mulia Peserta Didik SMA Negeri I Aimas Sorong Papua Barat
Tesis ini mengkaji dan menelaah pengaruh prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam terhadap akhak mulia peserta didik SMA negeri 1 Aimas Sorong Papua Barat.
Tujuan penelitian: 1) Mengetahui tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
peserta didik SMA Negeri 1 Aimas Sorong Papua Barat, 2) Mengetahui gambaran
akhlak mulia peserta didik SMA Negeri 1 Aimas Sorong Papua Barat, dan 3)
Mengetahui dan menemukan pengaruh prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
terhadap akhlak mulia peserta didik SMA Negeri 1 Aimas Sorong Papua Barat.
Dalam mencari dan menemukan jawaban masalah di atas, penulis menggunakan
pendekatan pedagogis dan teologis-normatif, dengan jenis penelitian kuantitatif melalui
cara deskriptif. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan instrumen:
nilai raport, pedoman observasi, angket, pedoman wawancara dan catatan dokumentasi.
Prosedur pengumpulan data meliputi tahap persiapan dan tahap pelaksanaan, dalam
tahap pelaksanaan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis teknik
analisis korelasional bivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
peserta didik SMA Negeri 1 Aimas Sorong Papua Barat nilai rata-rata semester ganjil
78,75 dan semester genap 78,92, jadi secara umum bila dikonsultasikan dengan tabel
perbandingan nilai angka dan huruf berada pada kategori baik, karena tidak ada nilai
pada kategori cukup maupun kurang. Akhlak mulia peserta didik SMA Negeri 1 Aimas
Sorong Papua Barat dapat diketahui melalui pengembangan 20 (dua puluh) indikatoriii
akhlak mulia yang menunjukkan pada kategori akhlak mulia yang baik, karena ratarata peserta didik menunjukkan 36,2% sering, dan 16,8 % selalu melakukan
indikator akhlak mulia, ini menunjukkan adanya indikator yang baik pada mayoritas
peserta didik SMA Negeri 1 Aimas Sorong Papua Barat dalam melakukukan atau
mewujudkan akhlak mulia. Pengaruh prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
terhadap akhlak mulia ternyata memiliki nilai koefisien determinasinya sebesar 0,3%
jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi nilai ‚r‛ maka berada
pada kategori rendah/lemah. Artinya kontribusi yang diberikan oleh prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak mulia paserta didik SMA Negeri 1 Aimas
Sorong Papua Barat hanya 0,3%, sedangkan 99,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Implikasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru melakukan upaya
berkelanjutan untuk lebih meningkatkan bimbingan dan motivasi kepada peserta
didik agar memperoleh prestasi belajar yang lebih maksimal dan akhlak mulia yang
lebih sempurna. Komunikasi dan koordinasi yang solid antara pihak sekolah dan
orang tua, serta adanya kontrol dari masyarakat akan menjadikan peserta didik lebih
mudah mencapai prestasi belajar dan lebih mudah mengamalkan akhlak mulia dalam
kehidupan sehari-hari, serta menjadikan lembaga yang mendapat kepercayaan dan
kebanggaan dari masyarakat.
Tidak tersedia versi lain