Text
TESIS:Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Pesantren Modern IMMIM Makassar (Perspektif Mutu Pendidikan)
Tesis ini membahas tentang manajemen sumber daya manusia di Madrasah
Aliyah Pesantren Modern IMMIM Makassar dari perspektif mutu pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui gambaran sumber daya manusia
di Madrasah Aliyah Pesantren Modern IMMIM Makassar, 2) Mengetahui realitas
mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Pesantren Modern IMMIM Makassar, dan 3)
Mengetahui pola manajemen sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Pesantren
Modern IMMIM Makassar dalam membangun mutu pendidikannya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan Madrasah
Aliyah Pesantren Modern IMMIM Makassar, dengan pendekatan yuridis formal,
pedagogis, dan psikologis. Data bersumber dari Kepala Madrasah, Kepala Tata
Usaha, Kaur Kurikulum dan Evaluasi, dan Tenaga Pendidik. Metode pengumpulan
data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Instrumen
penelitian ini dengan menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan
form dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui
tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Sumber daya manusia di Madrasah
Aliyah Pesantren Modern IMMMIM Makassar masuk kategori baik. Demikian
halnya realitas mutu pendidikan menunjukkan hasil yang sangat memuaskan
sehingga dikategorikan sangat baik. Adapun pola manajemen sumber daya manusia
senantiasa mengedepankan prinsip profesionalisme sehingga menghasilkan tenaga
Sumber Daya Manusia yang berkualitas pula.
Implikasi penelitian ini yaitu diharapkan Kepala Madrasah dengan hasil
penelitian ini dapat menjadi informasi serta referensi tentang perlunya peninjauan
kegiatan pengolaan manajemen sumber daya manusia dalam membangun mutu
pendidikan, utamanya dari perspektif pelanggan internal yang terdiri atas pendidik
dan tenaga kependidikan sebagai “motor” seluruh aktivitas madrasah dan bukan
sekedar faktor produksi tapi juga aset yang perlu mendapatkan perhatian. Oleh
karena itu, pendidik dan tenaga kependidikan harus dilihat sebagai manusia utuh
yang memiliki berbagai macam kebutuhan yang kompleks. Bagi pengelola institusi
pendidikan, bahwa realita implementasi manajemen sumber daya manusia yang ada
di beberapa sekolah dan madrasah perlu dievaluasi secara lebih intensif untukxviii
mengetahui lebih pasti akan potensi keunggulan serta kelemahan dan keterbatasan
masing-masing sekolah atau madrasah tersebut
Tidak tersedia versi lain