Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Pendidikan Islam
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Pendidikan Islam

Ahmad Darussalam - Nama Orang;

Tesis ini membahas topik pendidikan karakter dalam tinjauan pendidikan
Islam. Permasalahan pokok dalam penelitian ini yakni bagaimana konsep
pendidikan karakter dalam tinjauan pendidikan Islam. Permasalahan pokok dirinci
pada tiga sub masalah, yaitu apa yang dimaksud pendidikan karakter, bagaimana
model pendidikan karakter bagi anak, serta bagaimana pendidikan karakter dalam
perspektif pendidikan Islam.
Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan dengan menggunakan
pendekatan teologis-normatif, pedagogis dan psikologis. Pengumpulan data
dilakukan dengan menelaah secara intensif konsep pendidikan karakter dalam
tinjauan pendidikan Islam melalui riset kepustakaan dengan membaca buku-buku
yang berkaitan dengan pembahasan tesis ini. Data yang terkumpul kemudian
diolah dengan menggunakan metode analisis data, yaitu content analysis (analisis
isi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dimaknai sebagai
pendidikan yang bertujuan mengembangkan karakter diri peserta didik sehingga
mereka memiliki nilai kejiwaan, akhlak dan budi pekerti dan menerapkan nilainilai tersebut dalam kehidupan sebagai pribadi yang religius, anggota masyarakat
dan warga negara yang baik, nasionalis, produktif dan kreatif. Pendidikan karakter
tersebut ditempuh dengan cara: pertama, konsep nilai-nilai kebaikan diajarkan
kepada peserta didik terutama dalam lingkungan keluarga dan kemudian
dilanjutkan dalam lingkungan sekolah. Kedua, guru menjadi teladan nilai-nilai
karakter di dalam maupun di luar kelas. Ketiga, menjadikan pendidikan karakter
sebagai prioritas lembaga pendidikan, dan keempat, melakukan refleksi dan
evaluasi terhadap proses pendidikan karakter yang telah dijalankan. Nilai-nilai
karakter juga sejalan dengan nilai-nilai universal ajaran Islam yang senantiasa
diarahkan untuk menciptakan pribadi yang memiliki pemikiran, ucapan, tindakan
yang selalu diupayakan berdasarkan pada ajaran Islam antara lain kejujuran,
tanggungjawab, cinta tanah air, berjiwa sosial, disiplin dan cinta damai. Dalam
pendidikan karakter dimensi yang perlu dipahami adalah individu, sosial, dan
moral. Individu menyiratkan dihargainya nilai-nilai kebebasan dan tanggung
jawab. Sedangkan dimensi sosial mengacu pada corak relasional antara individu
dengan individu lain, atau dengan lembaga lain yang menjadi cerminan kebebasan
individu dalam mengorganisir dirinya sendiri. Kehidupan sosial dalam masyarakat
bisa berjalan dengan baik dan stabil karena ada relasi kekuasaan yang menjamin
kebebasan individu serta jalinan antar-individu. Dimensi moral menjadi jiwa yang
menghidupi gerak dan dinamika masyarakat sehingga menjadi semakin berbudaya,
bermartabat.
Berdasarkan uraian di atas, berimplikasi pada pemahaman bahwa
pendidikan karakter tidak hanya sebatas pembelajaran namun harus diupayakan
dan diteladani melalui pembiasaan serta dengan melakukan refleksi dan evaluasi.
Karena itu bagi para pendidik diharapkan agar mengimplementasikan pendidikan
karakter, memiliki kepribadian baik dan menjadi teladan bagi peserta didik. Bagi
peserta didik, kepatuhan terhadap aturan sekolah/madrasah akan menjadi langkah
awal dalam pendidikan karakter yang nantinya akan menjadikan mereka memiliki
nilai-nilai karakter tidak hanya terbatas dalam lingkungan sekolah namun akan
terbawa sampai ke lingkungan luar sekolah, keluarga, dan masyarakat.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100207099
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?