Text
TESIS:Tantangan Modernisasi Terhadap Pendidikan Islam (Studi pada SMP Islam Terpadu Al-Ashri Makassar)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan
pendidikan Islam pada SMP Islam Terpadu Al-Ashri Makassar, (2) Untuk
mengetahui bagaimana bentuk tantangan modernisasi pendidikan Islam di
SMP Islam Terpadu Al-Ashri Makassar, (3) Untuk mengetahui bagaimana upaya
solutif menyikapi tantangan modernisasi Pendidikan Islam di SMP Islam
Terpadu Al-Ashri Makassar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif Kualitatif dengan
lokasi penelitian bertempat di SMP Islam Terpadu Al-Ashri Makassar. Penelitian
ini menggunakan metode pendekatan Fenomenologis. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi.
Pengolahan data dengan menggunakan analisis triangulasi teknik, triangulasi
waktu triangulasi metode dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Penelitian ini menghasilkan (1) Diketahui bahwa pelaksanaan pendidikan
Islam di SMP Islam Terpadu Al Ashri Makassar telah berjalan dengan baik dilihat
dari susunan kurikulum dan peraturan-peraturan yang diterapkan disekolah ini
yang telah memasukkan konsep Islam didalamnya melalui mata pelajaran dan
sistem pembagian kelas antara laki-laki dan perempuan, serta pemisahan tangga
peserta didik antara laki-laki dan perempuan, (2) Terdapat beberapa tantangan
dalam pelaksanaan sistem pendidikan Islam di SMP Islam Terpadu Al Ashri
Makassar antara lain yaitu : pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi
komunikasi, pengaruh kebudayaan, pengaruh politik, ekonomi, dan
kemasyrakatan, pengaruh sitem nilai, pergaulan yang berdampak pada pelaksanaan
syar’i seperti gaya busana, tata kelakuan sampai pada pelaksanaan ibadah.
Kemudian adanya handpone dan internet juga ikut memberikan pengaruh yang
cukup besar dalam perkembangan Islam di dunia pendidikan khususnya di SIT Alxv
Ashri Makassar, (3) upaya solutif yang bisa dilakukan yanitu dengan menghindari
semaksimal mungkin penggunaan internet dalam memberian materi tugas pada
peserta didik, mengemas peraturan sekolah dengan konsep keberIslaman yang
baik, memasukkan beberapa mata pelajaran dalam kurikulum sekolah dengan
tujuan menjadikan anak didik bukan hanya cerdas intelektual tetapi juga berakhlak
mulia.
Implikasi penelitian ini diharapkan bagi orang tua dan para penyelenggara
lembaga pendidikan agama Islam khususnya agar senantiasa mengajarkan dan
memberikan contoh tindakan-tindakan positif terhadap anak mereka ketika berada
dirumah serta membiasakan penanaman nilai-nilai keagamaan beserta dengan
aplikasinya yang tentunya dicontohkan oleh orang tua terlebih dahulu.
Tidak tersedia versi lain