Text
TESIS:Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik di MTs DDI Alliritengae Maros
Tesis ini membahas tentang implementasi kompetensi profesional guru
dalam peningkatan hasil belajar peserta didik di MTs DDI Alliritengae Maros.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengungkapkan implementasi kompetensi
profesional guru di MTs DDI Alliritengae Maros, 2) Merumuskan hasil peningkatan
belajar peserta didik di MTs DDI Alliritengae Maros, dan 3) Mengungkapkan faktor
pendukung dan faktor penghambat guru dalam peningkatan hasil belajar peserta
didik di MTs DDI Alliritengae Maros.
Metodologi penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan
fenomenologi, pendekatan keilmuan, dan pendekatan yuridis formal. Penelitian ini
tergolong penelitian lapangan (field research). Proses pengumpulan data
menggunakan data pustaka dan data lapangan dengan cara observasi, wawancara,
dan dokumentasi, kemudian mengulas dan menyimpulkanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kompetensi
profesional guru di MTs DDI Alliritengae Maros masih tergolong kurang
profesional. Karena masih adanya guru yang jenjang pendidikannya belum
memenuhi kualifikasi guru profesional dan belum menyadari akan tugas dan
tanggung jawabnya sebagai guru. (2) Hasil belajar peserta didik di MTs DDI
Alliritengae Maros masih tergolong kurang. Hal ini terlihat dari kompetensi
profesional guru di MTs DDI Alliritengae Maros. Secara administratif sudah
terlaksana namun secara fungsional belum menunjukkan adanya peningkatan yang
signifikan. Jika guru dapat meningkatkan kompetensi profesionalnya, maka hasil
belajar peserta didik dapat meningkat. (3) Faktor pendukung dalam implementasi
kompetensi profesional guru dalam peningkatan hasil belajar peserta didik di MTs
DDI Alliritengae Maros adalah kualifikasi akademik/tersertifikasi serta kesadaran
guru akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik profesional. Adapun faktor
penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, tingkat
kedisiplinan guru masih rendah, kurangnya pembinaan, serta kurangnya pelatihan.
Implikasi dari penelitian ini bahwa implementasi kompetensi profesional
guru dalam peningkatan hasil belajar peserta didik di MTs DDI Alliritengae Maros
telah terlaksana namun dalam proses penerapannya dianggap kurang optimal.
Kurang optimalnya kompetensi profesional guru berdampak pada peningkatan hasil
belajar peserta didik. Atau dengan kata lain bahwa tujuan dari proses pembelajaran
di MTs DDI Alliritengae Maros belum tercapai. Sehingga dengan realita seperti itu,
maka guru sebagai faktor terpenting dalam pembelajaran harus dapat meningkatkan
kompetensinya sebagai wujud dalam mengembangkan kecerdasan peserta didik
Tidak tersedia versi lain