Text
PROFESIONALISME GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TESIS:TSANAWIYAH DARUSSALAM ANRONG APPAKA KABUPATEN PANGKEP.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk menjawab permasalahan
tentang profesioanlisme guru dalam pengelolaan pembelajaran pada mata pelajaran
aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten
Pangkep dengan permasalahan (1) Bagaimana profesionalisme guru dalam
perencanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka?
(2) Bagaimana profesionalisme guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah
Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka? (3) Bagaimana profesionalisme guru
dalam mengevaluasi pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Darussalam Anrong Appaka?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Madrasah
Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka kabupaten Pangkep. Instrumen utama
dalam penelitian ini adalah peneliti, Instrumen tersebut didukung oleh instrument
lain yaitu wawancar, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah, profesionalisme guru dalam
melaksanakan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak adalah
guru selalu merencanakan pelaksanaan pembebelajaran dengan merujuk kepada
silabus yang telah ada serta menyesuaikan materi dengan kondisi peserta diddik,
kemudian menguasai bahan ajar, mempunyai metode yang variatif, membimbing dan
mengarahkan. Dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah
Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka, Guru melaksanakan sesuai dengn rencana
pelaksanaan pembelajaran dan aplikasinya dalam proses pembelajaran sudah baik,
namun dalam menutup kegiatn pembelajarn guru belum menyisihkan waktu yang
cukup untuk meninjau kembali materi yang telah diberikan dan memberikan
kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan kepada peserta didik. Guru
menyesuaikan metode dengan bahan pelajaran, dan memberikan pembiasaan ke pada
peserta didik baik dalam kelas maupun di luar kelas. Pada tahap evaluasi guru tidak
hanya melihat dari segi kecerdasan akan tetapi guru juga melihat dari segi sikap dan
perbuatan yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan al-Hadits serta melakukan
evaluasi terhadap peserta didiknya dengan meberi keteladanan bagi peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan kepada para guru agar lebih
meningkatkan profesionalismenya sehingga pembelajaran lebih maksimal. Peserta
didik diharapkan lebih meningkatkan prestasi belajarnya baik secara konseptualxiv
maupun praktis agar peserta didik lebih bisa menghayati dan memaknai pentingnya
sebuah ilmu pengetahuan. Meskipun peneliti tidak memberikan respon yang negatif,
namun peneliti berharap perlu diadakan penelitian lebih lanjut terkait peningkatan
profesionalisme guru dan lebih meningkatkan komunikasi antara orang tua, guru,
dan masyarakat. Untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak
mulia
Tidak tersedia versi lain