Text
TESIS:KORELASI PEMBELAJARAN PAIKEM DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-AZHAR 24 MAKASSAR
Pembelajaran PAIKEM adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta
didik berpartisipasi aktif, mengembangkan inovasi dan kreativitas sehingga efektif
namun pembelajaran tetap menyenangkan, hasil belajar merupakan penilaian
pendidik terhadap proses belajar peserta didik sesuai dengan tujuan instruksional
yang menyangkut isi pelajaran dan perilaku yang diharapkan dari peserta didik.
Pelaksanaan pembelajaran PAIKEM berkorelasi dengan hasil belajar peserta didik di
SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar, untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran
PAIKEM dengan hasil belajar peserta didik dilakukan melalui research pada peserta
didik di SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan PAIKEM,
mendeskrpsikan hasil belajar al-Qur’an peserta didik dan untuk menguji tingkat
korelasi antara PAIKEM dengan hasil belajar peserta didik khususnya pada mata
pelajaran pendidikan al-Qur’an dengan materi pokok ilmu tajwid di Sekolah
Menengah Pertama Islam Al-Azhar 24 Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif dengan ex post
facto. Populasi dan sampel penelitian adalah peserta didik di Sekolah Menengah
Pertama Islam Al-Azhar 24 Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik
observasi, penyebaran angket, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik
analisis data dilakukan dengan menganalisis data kuantitatif yang diolah secara
statistik dengan analisis data deskriptif inferensial dengan pendekatan pedagogik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Pelaksanaan model PAIKEM di
Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar 24 Makassar sudah baik, hal ini
dibuktikan dengan rata-rata 80,27. 2. Hasil belajar peserta didik di Sekolah Menengah
Pertama Islam Al-Azhar 24 Makassar pada mata pelajaran pendidikan al-Qur’an
adalah baik, hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar 79,96. 3. Pelaksanaan
model PAIKEM berkorelasi sangat kuat dengan hasil belajar peserta didik, dengan
nilai rhitung 0,9 lebih besar dari rtabel 0,294 dengan tingkat kepercayaan 95%, dan
kekuatan hubungan antara pembelajaran PAIKEM dengan hasil belajar adalah
sebesar 81%. Hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat antara
pelaksanaan model PAIKEM dengan hasil belajar peserta didik di Sekolah Menengah
Pertama Islam Al-Azhar 24 Makassar, adapun selebihnya dipengaruhi oleh faktor
lain.
Tidak tersedia versi lain