Text
TESIS:Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter MTs Mursyidul Awwam Cenrana
Tesis ini berjudul “Urgensi kompetensi kepribadian guru pendidikan agama
Islam dalam mengembangkan pendidikan karakter MTs Mursyidul Awwam
Cenrana”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengungkap keteladanan, kedisiplinan,
tanggung jawab guru bidang studi agama Islam di MTs Mursyidul Awwam
Cenrana; (2) Menemukan integrasi komponen kepribadian guru bidang studi agama
Islam dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Mursyidul Awwam Cenrana;
(3) mengetahui Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam
serta upaya yang dilakukan untuk mengembangkan pendidikan karakter peserta
didik MTs Mursyidul Awwam Cenrana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Adapun sumber data penelitian ini adalah, kepala madrasah, wakil
bidang kepala madrasah, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik.
Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi, keabsahan data penelitian dilakukan triangulasi. Lalu
teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi
data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan, tanggung jawab, dan
keteladanan guru mata pelajaran agama Islam MTs Mursyidul Awwam Cenrana
masih perlu ditingkatkan, karena masih ditemukannya oknum guru justru
memperlihatkan perilaku yang tidak semestinya dicontoh oleh peserta didik, seperti
kurangnya kedisiplinan, tentunya dapat mempengaruhi pengembangan karakter
peserta didik, sehingga dampak yang ditimbulkannya peserta didik juga kurang
menghargai waktu, seperti terlambat masuk kelas bahkan ada yang tidak masuk
kelas pada saat jam pembelajaran, (2) integrasi komponen kepribadian guru mata
pelajaran agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Mursyidul
Awwam Cenrana, terlihat dari integrasi pendidikan karakter kedalam pembelajaran,
strategi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran (3) faktor
pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam, serta upaya yang
dilakukan untuk mengembangkan pendidikan karakter peserta didik MTs mursyidul
awwam cenrana. Adapun faktor pendukungya a) Sertifikasi/kualifikasi akademik b)
adanya motivasi dan dukungan dari orang tua c) Adanya kebiasaan atau tradisi
peserta didik di MTs Mursyidul Awwam Cenrana yakni shalat berjamaah sebelum
pulang dari sekolah d) lingkungan masyarakat yang mendukung. Sedangkan faktor
penghambatnya yakni a) Kurangnya keteladanan guru b) Latar belakang peserta
didik yang kurang mendukung c) Kurangnya sarana dan prasarana d) Pengaruh dari
tayangan televisi atau media cetak. Adapun upaya yang dilakukan yakni a)
Menyadari tugas dan tanggung jawab guru agama Islam sebagai teladan, dan
membiasakan peserta didik melakukan hal-hal yang positif b) Guru agama Islam
harus stabil, optimis dan menyenangkan agar peserta didik merasa diterima dan
disayangi oleh gurunya c) keteladanan, pembiasaan, pembudayaan dan kegiatan rutinii
seperti kegiatan rutin yang dilakukan peserta didik secara terus menerus dan
konsisten setiap saat, dan memberikan pesan-pesan moral pada proses pembelajaran.
Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Sebagai orang yang paling
bertanggungjawab terhadap kebijakan sekolah, komitmen penerapan peraturan yang
sudah dibuat dan disepakati bersama harus selalu disosialisasikan, (2) Diharapkan
guru selalu mengembangkan pendidikan karakter disemua unsur sehingga dapat
terlaksana dengan baik. diharapkan guru mempunyai kepribadian yang sesuai dengan
Undang-Undang sehingga dapat terwujudnya kepribadian yang baik, (3) Diharapkan
kepada peserta didik untuk lebih taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku di
madrasah. Sehingga nantinya dapat mendukung pelaksanaan pendidikan karakter di
madrasah
Tidak tersedia versi lain