Text
TESIS:Dinamika Implementasi KTSP dalam Pembelajaran SKI di MTsN Model Makassar
Tesis ini membahas dinamika implementasi KTSP dalam pembelajaran
SKI. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Mendeskripsikan proses implementasi
KTSP dalam pembelajaran SKI di MTsN Model Makassar, 2. Hambatan pada
implementasi KTSP dalam pembelajaran SKI di MTsN Model Makassar, dan 3.
Memetakan upaya solutif atas hambatan pada implementasi KTSP dalam
pembelajaran SKI di MTsN Model Makassar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian
di MTsN Model Makassar dan informan penelitian yakni pendidik mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), peserta didik, Kepala dan Wakil Kepala MTsN
Model Makassar. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara
dan dokumentasi. Serta teknik pengolahan data menggunakan tipe deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1. Proses implementasi KTSP
dalam pembelajran SKI di MTsN Model Makassar meliputi perencanaan
pembelajaran yang terdiri dari pengembangan program dan penyusunan silabus
dan RPP. serta pelaksanaan pembelajaran dan evalusi sesuai dengan KTSP, 2.
Hambatan pada implementasi KTSP dalam pembelajran SKI di MTsN Model
Makassar meliputi kurangnya alokasi waktu yang tersedia serta padatnya materi
SKI, permasalahan dari pribadi peserta didik, RPP tidak terlaksana dengan
maksimal, dan materi pada bab tertentu masih sulit disampaikan oleh pendidik
dan untuk diaplikasikan sehari-hari sehingga tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai kurang tercapai dengan maksimal, dan 3. Upaya solutif atas hambatan
pada implementasi KTSP dalam pembelajran SKI di MTsN Model Makassar
meliputi diadakannya kegiatan ekstrakulikuler, pihak madrasah berkerjasama
dengan lembaga-lembaga lain, kreatifitas pendidik, dan mendatangkan para ahli
sesuai dengan materi yang dipelajari.
Implikasi penelitian ini, bagi madrasah, perlu mengadakan seminar dan
pelatihan tentang KTSP khususnya untuk madrasah yang belum dapat menyusun
KTSP sendiri, sehingga dapat mengimplementasikan kurikulum yang telah
mereka susun dan melakukan pengembangan yang berkelanjutan. Kepada
pendidik, hendaknya meningkatkan pemahaman terhadap KTSP, dan juga
meningkatkan kinerja baik dalam merencanakan pembelajaran dan penilaian
sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.
Tidak tersedia versi lain