Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Peserta
Didik di SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone

Al Amin - Nama Orang;

Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh
metode hypnoteaching terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta
didik di SMA Negeri I Mare Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen.
Adapun pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan pedagogis, yaitu
pendekatan yang digunakan untuk mengamati obyek penelitian dari aspek proses
pendidikan khususnya tentang pengaruh penggunaan metode hypnoteaching dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik di SMA Negeri I Mare
Kabupaten Bone. Pendekatan psikologis, yaitu pendekatan yang digunakan untuk
mengungkapkan nilai psikis dari obyek penelitian terutama tentang motivasi maupun
kesulitan yang dirasakan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Pendekatan teologis, yaitu pendekatan yang digunakan untuk menilai dari segi
pemahaman keagamaan, perilaku dan perbuatan peserta didik berdasarkan nilai-nilai
ajaran Islam. Desain eksperimen ini menggunakan one group pretes-posttest. Sampel
penelitian ini diambil dengan teknik sampel random sampling dari kelas XI IPS 3
sebanyak 20 responden. Pengelolaan dan analisis data dengan membandingkan hasil
ulangan harian pra perlakuan dengan perlakuan I, perlakuan II, dan perlakuan III serta
perbandingan lembar observasi yang berisi penilaian aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan
metode hypnoteaching mampu memberikan pengaruh positif baik dari hasil belajar,
maupun psikologi belajar yang terdiri dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
Penilaian diamati dari aspek pemahaman mengalami peningkatan dari perlakuan (P)
P I berjumlah 5 orang, P II 9 orang, P III 13 orang. Aspek penghayatan P I berjumlah
13 orang, P II 15 orang, dan P III 17 orang. Sikap peserta didik yang tercermin dari
akhlaknya meningkat dari P I sebesar 17 orang, P II 18 orang, dan P III 19 orang.
Peningkatan hasil belajar peserta didik terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian dari
pra perlakuan sebesar 6,2%, perlakuan I sebesar 69, 5%, perlakuan II sebesar 75, 8%,
dan perlakuan III sebesar 82%.
Implikasi dari hasil penelitian ini bahwa penggunaan metode hypnoteaching
dalam pembelajaran pendidikan agama Islam memberikan pegaruh positif bagi
peserta didik. Temuan ini bisa dijadikan acuan bagi para pendidik untuk menerapkan
metode hypnoteaching dalam pembelajaran. Disamping itu pengkajian psikologi
dengan eksplorasi alam bawah sadar dapat meningkatkan peran pendidik sebagai
tenaga mengajar yang profesional.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100213041
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?