Text
TESIS:Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone
Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh
metode hypnoteaching terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta
didik di SMA Negeri I Mare Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen.
Adapun pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan pedagogis, yaitu
pendekatan yang digunakan untuk mengamati obyek penelitian dari aspek proses
pendidikan khususnya tentang pengaruh penggunaan metode hypnoteaching dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik di SMA Negeri I Mare
Kabupaten Bone. Pendekatan psikologis, yaitu pendekatan yang digunakan untuk
mengungkapkan nilai psikis dari obyek penelitian terutama tentang motivasi maupun
kesulitan yang dirasakan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Pendekatan teologis, yaitu pendekatan yang digunakan untuk menilai dari segi
pemahaman keagamaan, perilaku dan perbuatan peserta didik berdasarkan nilai-nilai
ajaran Islam. Desain eksperimen ini menggunakan one group pretes-posttest. Sampel
penelitian ini diambil dengan teknik sampel random sampling dari kelas XI IPS 3
sebanyak 20 responden. Pengelolaan dan analisis data dengan membandingkan hasil
ulangan harian pra perlakuan dengan perlakuan I, perlakuan II, dan perlakuan III serta
perbandingan lembar observasi yang berisi penilaian aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan
metode hypnoteaching mampu memberikan pengaruh positif baik dari hasil belajar,
maupun psikologi belajar yang terdiri dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
Penilaian diamati dari aspek pemahaman mengalami peningkatan dari perlakuan (P)
P I berjumlah 5 orang, P II 9 orang, P III 13 orang. Aspek penghayatan P I berjumlah
13 orang, P II 15 orang, dan P III 17 orang. Sikap peserta didik yang tercermin dari
akhlaknya meningkat dari P I sebesar 17 orang, P II 18 orang, dan P III 19 orang.
Peningkatan hasil belajar peserta didik terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian dari
pra perlakuan sebesar 6,2%, perlakuan I sebesar 69, 5%, perlakuan II sebesar 75, 8%,
dan perlakuan III sebesar 82%.
Implikasi dari hasil penelitian ini bahwa penggunaan metode hypnoteaching
dalam pembelajaran pendidikan agama Islam memberikan pegaruh positif bagi
peserta didik. Temuan ini bisa dijadikan acuan bagi para pendidik untuk menerapkan
metode hypnoteaching dalam pembelajaran. Disamping itu pengkajian psikologi
dengan eksplorasi alam bawah sadar dapat meningkatkan peran pendidik sebagai
tenaga mengajar yang profesional.
Tidak tersedia versi lain