Text
TESIS:PENGARUH KONSEP DIRI DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 12 KAB. BULUKUMBA
Pada penelitian ini terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar PAI
peserta didik yaitu faktor internal (konsep diri) dan faktor eksternal (perhatian orang tua).
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui konsep diri peserta didik kelas XI dan
XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba (2) Untuk mengetahui perhatian orang tua peserta
didik kelas XI dan XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba (3) Untuk mengetahui prestasi
belajar PAI peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba (4) Untuk
mengetahui adanya pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar PAI peserta didik kelas
XI dan XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba (5) Untuk mengetahui adanya pengaruh
persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI peserta
didik kelas XI dan XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba (6)Untuk mengetahui adanya
kontribusi konsep diri dan persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua terhadap
prestasi belajar PAI peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba.
Jenis penelitian ini adalah survei yang bersifat kausal. Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik Kelas XI dan XII SMA Negeri Negeri 12 Kab. Bulukumba yang diambil
dengan menggunakan proportionate stratified random sampling.
Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) Konsep diri peserta didik kelas
XI dan XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba , termasuk dalam kategori baik hal tersebut
ditunjukkan dengan perolehan nilai sebesar 50,75%. (2) Perhatian orang tua peserta didik
kelas XI dan XII SMA 12 Kab. Bulukumba, termasuk dalam kategori baik, hal tersebut
ditunjukkan dengan nilai sebesar 50,25%. (3) Prestasi belajar PAI peserta didik kelas XI dan
XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba, termasuk dalam kategori tinggi sebesar 81,50%. (4)
pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar PAI peserta didik kelas XI dan XII SMA
Negeri 12 Kab. Bulukumba, sebesar 35,5%. (5) pengaruh persepsi peserta didik tentang
perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI peserta didik kelas XI dan XII SMA
Negeri 12 Kab. Bulukumba, sebesar 46,8%. Dan (6) pengaruh positif konsep diri dan
persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua secara bersama-sama (simultan) terhadap
prestasi belajar PAI peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 12 Kab. Bulukumba,
sebesar 54,0%. (7) Instrumen yang digunakan: (a) skala konsep diri dan (b) skala perhatian
orang tua, sementara pengambilan data terkait Prestasi belajar PAI diperoleh dari hasil
rekapan nilai yang dirangkum oleh pihak sekolah. Data dianalisis dengan statistik deskriptif
dan analisis regresi
Tidak tersedia versi lain