Text
TESIS:PELAKSANAAN TUGAS GURU DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR
Tujuan Penelitian tesis ini yaitu untuk mengetahui bagaimana guru di SMA
Muhammadiyah 3 Makassar dalam menjalankan tugas-tugasnya. Untuk mengetahui
faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan tugas pendidik di SMA
Muhammadiyah 3 Makassar. Untuk mengetahui hasil pelaksanaan tugas pendidik
sebagaiman termaktub dalam Undang-Undang RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru
dan Dosen.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) teknik
pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Peneliti mengadakan tanya jawab dengan informan yang terdiri dari
para guru dan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 3 Makassar. Penelitian tesis ini
merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan pendekatan
teologis normatif, sosiologis, psikologis dan pedagogis. Adapun instrumen penelitian
ini meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara, serta peneliti sendiri sebagai
instrumen kunci dalam memperoleh data di lapangan. Dalam menganalisis data,
peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dengan melalui tiga langkah yaitu
reduksi data, penyajian, verifikasi atau penyimpulan data.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan tugas pendidik di SMA
Muhammadiyah 3 Makassar belum terlaksana dengan baik, hal itu tampak pada
beberapa pendidik yang tidak memberikan sanksi kepada peserta didik yang
beberapa kali melakukan pelanggaran tata tertib sekolah seperti terlambat datang
kesekolah dan bolos pada jam pelajaran. 2) Sebagian besar pendidik di SMA
Muhammadiyah 3 Makassar merupakan pendidik yang profesional yang ditandai
dengan sertifikasi pendidik, lokasi sekolah yang mudah di akses, dan sarana yang
memadai, hal tersebut yang menjadi faktor pendukung pelaksanaan tugas pendidik di
SMA Muhammadiyah 3 Makassar. Adapun faktor penghambat seperti kurangnya
komitmen sebagian besar pendidik dalam menerapkan aturan sekolah dengan alasan
kekhawatiran berkurangnya peserta didik. 3) Peserta didik di SMA Muhammadiyah
3 Makassar secara umum memiliki kesadaran taat pada tata tertib sekolah serta
motivasi belajar yang cukup baik, namun beberapa peserta didik yang tampak tidak
mengindahkan tata tertib sekolah merupakan peserta didik pindahan dari sekolah
lain yang diterima belajar di SMA Muhammadiyah 3 Makassar.
Adapun implikasi penelitian ini, diharapkan menjadi bahan pertimbangan
kepada kelapa sekolah SMA Muhammadiyah 3 Makassar dalam mengembangkan
budaya disiplin dalam lingkungan sekolah dengan maksimalisasi pelaksanaan tugas
pendidik dilingkup SMA Muhammadiyah 3 Makassar, yang sekaligus mencerminkan
keberhasilan pembinaan peserta didik yang terukur pada tiga rana (kognitif, afektif
dan psikomotorik) secara bersamaan melalui pelaksanaan tugas pendidik dalam
membina karakter peserta didik.
Tidak tersedia versi lain