Text
TESIS:Implementasi Humanisme Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di Pesantren Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone.
Penelitian ini berjudul “Implementasi Humanisme Religius dalam
Pembelajaran Pendidikan Islam di Pesantren Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone.”
Pokok masalah dijabarkan dalam beberapa pertanyaan penelitian, yaitu: (1)
Bagaimana implementasi humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Islam
di pondok pesantren al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone? (2) Bagaimana faktor
penghambat dan pendukung implementasi humanisme religius dalam pembelajaran
pendidikan Islam di pondok pesantren al-Junanidiyah Biru Kabupaten Bone? (3)
Bagaiaman upaya mengatasi hambatan implementasi humanisme religius dalam
pembelajaran pendidikan Islam di Pondok pesantren al-Junaidiyah Biru Kabupaten
Bone?
Jenis penelitian yang digunakan tergolong deskriptif kualitatif dengan
pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan filosofis, psikologis, dan
pedagogik. Adapun sumber data penelitian ini terdiri atas Pimpinan Pesantren,
Kepala Madrasah, Wakamad kesiswaan, pembina pembina Asrama, guru mata
pelajaran aqidah akhlak, al-Qura>n hadis, fikih, sejarah kebudayaan Islam dan peserta
didik/santri. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu, teknik analisis dan interpretasi data
penelitian menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan melalui tiga
tahapan, yaitu; reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan
kesimpulan serta pengujian keabsahan data. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana implementasi humanisme religius dalam pembelajaran
pendidikan Islam di Pesantren al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) implementasi humanisme religius
telah berjalan sesuai dengan prosedur yang ada, yaitu guru dan pembina
menerapaknan interaksi yang bermartabat, Model pembelajaran yang (interaktif,
kreatif, inovatif, aktif, dan menyenangkan. (2) Faktor penghambat dan pendukung
implementasi humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Islam yaitu faktor
eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi; lingkungan pesantren, pengawasan
pembina pesantren, dan pengawasan orang tua/wali. Sedangkan faktor internal
meliputi; pengendalian diri, psikologi, dan kebiasaan. (3) Upaya mengatasi
hambatan implementasi humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Islam
yaitu; Bimbingan Konseling (BK ), Pembiasaan, pengawasan, dan pemberian reward
and punishment.xviii
Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menciptakan interaksi yang
bermartabat guru dan peserta didik yang harmonis sehingga tercapai suatu hasil
yang diinginkan dapat dilakukan seperti nilai-nilai humanis antara guru dan pesrta
didik, di mana guru dapat menanyai dan mengungkapkan keadaan peserta didik dan
sebaliknya peserta didik mengajukan persoalan-persoalan dan hambatan-hambatan
yang dihadapinya. (2) Untuk menciptakan model pembelajaran pendidikan Islam
yang interaktif, kreatif, inovatif, aktif, dan menyenakgkan maka guru harus
mengguanakan prinsip-prinsip pendidikan Islam yang sifatnya humanis. (3) Kepada
seluruh pembina dan guru pondok pesntren al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone agar
selalu menjaga nilai-nilai humanisme religius dalam pembelajaran pendidikan Islam
supaya tetap menciptakan peserta didik interaktif, kreatif, inovatif, aktif, dan
menyenagkan serta menciptakan generasi muda yang cerdas dan bertakwa kepada
Allah swt
Tidak tersedia versi lain