Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Akhlak Mulia dan Wawasan Keagamaan
Peserta Didik di SMKN 8 Makassar.
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mulia dan Wawasan Keagamaan Peserta Didik di SMKN 8 Makassar.

ANDI WAHID FADJERI - Nama Orang;

Nilai-nilai pendidikan agama Islam idealnya dapat meningkatkan akhlak dan
wawasan keagamaan peserta didik, namun akhlak dan wawasan keagamaan peserta
didik kurang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga,
sekolah, dan masyarakat. Sehingga perlu ditingkatkan lewat pendidikan formal dan
non formal khususnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan (1) proses
internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak mulia
dan wawasan keagamaan peserta didik di SMKN 8 Makassar, (2) faktor pendukung
dan penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan akhlak mulia dan wawasan keagamaan peserta didik di SMKN 8
Makassar, (3) upaya mengatasi hambatan dalam proses internalisasi nilai-nilai
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak mulia dan wawasan keagamaan
peserta didik di SMKN 8 Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi
di SMKN 8 Makassar. Subjek penelitian terdiri dari guru pendidikan agama Islam,
peserta didik dan guru mata pelajaran lain yang bersangkutan dengan penelitian ini,
adapun metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan cara, mengumpulkan data, mereduksi data,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. pendekatan penelitian ini menggunakan
pendekatan multidisipliner dengan menggunakan analisis data kualitatif yang
meliputi tiga tahap: (1) pra-lapangan, (2) pekerjaan lapangan, (3) analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak mulia dan wawasan keagamaan
peserta didik di SMKN 8 Makassar sudah cukup baik. Namun masih perlu
ditingkatkan dengan mengembangakan faktor pendukung dalam proses internalisasi
tersebut, adapun faktor penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan
agama Islam pada peserta didik di SMKN 8 Makassar perlu diminimalisir dengan
melibatkan kerjasama orang tua, guru dan pihak sekolah begitu juga di lingkungan
masyarakat tempatnya bergaul. Di samping itu, untuk meningkatkan akhlak mulia
dan wawasan keagamaan peserta didik, pihak pendidik di sekolah perlu
memperhatikan solusi yang sudah ditawarkan dari berbagai pihak sebagai upaya
mengatasi hambatan dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islamxix
dalam meningkatkan akhlak mulia dan wawasan keagamaan peserta didik di SMKN 8
Makassar.
Implikasi penelitian, guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dan
tenaga kependidikan dan pembina generasi masa depan agama dan bangsa
diaharapkan mampu mengahadapi hambatan-hambatan dalam pembinaan akhlak
mulia dan peningkatan wawasan keagamaan peserta didik serta senantiasa selalu
menjadi teladan yang baik dalam keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat.
peserta didik agar selalu berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari dan ditunjang
dengan wawasan keagamaan yang baik pula, sehingga tidak mudah terpengaruh
lingkungan dan arus globalisasi kemajuan tekhnologi yang dapat mempengaruhi
perkembangan peserta didik.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100213123
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?